Inilah Pembuktian SBY Memberantas Korupsi di Indonesia

Nasional / 16 June 2010

Kalangan Sendiri

Inilah Pembuktian SBY Memberantas Korupsi di Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
2250

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuktikan perhatiannya yang besar kepada pemberantasan kasus korupsi di kalangan birokrat. Orang nomor satu di Indonesia itu telah mengeluarkan 150 izin kepada penegak hukum untuk memeriksa Gubernur dan Bupati yang terindikasi ikut serta dalam kejahatan pencurian uang negara tersebut.

Demikian ungkap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi kala memberikan kata sambutan sebelum pembukaan Rapat Kerja Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Negara Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan di Kantor Wakil Presiden Boediono, Rabu (16/6).

Menurut Gamawan, maraknya kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah memperlihatkan lemahnya kualitas dan kapasitas pengelolaan keuangan daerah.  Kondisi itu tentunya bukan hal yang membanggakan, tetapi adalah sebuah keprihatinan.

Ia mengatakan, perbuatan korup yang terjadi selama ini di daerah-daerah lebih banyak disebabkan sang Gubernur ataupun Bupati sering salah menafsirkan peraturan yang berlaku. Ke depan, tambahnya, pemerintah pusat akan membuat sebuah sistem yang secara preventif dapat meminimalkan kepala daerah berurusan dengan penegak hukum, tanpa bermaksud melindungi perbuatan korupsi tersebut.

Sumber : detik
Halaman :
1

Ikuti Kami