Semburan Lumpur dan Minyak Setinggi 20 Meter

Nasional / 3 June 2010

Kalangan Sendiri

Semburan Lumpur dan Minyak Setinggi 20 Meter

Lois Official Writer
3272

Pada saat sedang dilakukan eksplorasi sebuah sumur tua di area tambang tradisional Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro, Jawa Timur, tiba-tiba terjadi semburan lumpur bercampur minyak mentah.

Sumur tua di Petak D138 tersebut dibuka kembali oleh operator PT. Phonix Energi Indonesia karena rencananya akan dieksplorasi ulang. Setelah dibor dan dihentikan sementara, mendadak semburan cukup hebat terjadi. Hingga kini semburan belum berhenti sehingga eksplorasi terpaksa berhenti akibat semburan yang mencapai 20 meter itu.

Kepala Operasi Pengeboran Minyak, Irmadi mengatakan bahwa pihak operator pengeboran hingga saat ini masih terus berupaya menghentikan semburan. Mereka mendatangkan tim dari Jakarta dan dari pihak Pertamina. Saat ini Pertamina Cepu juga telah melakukan pendataan dan investigasi.

Besarnya tekanan lumpur yang keluar dari sumur tua mengakibatkan lumpur minyak mentah mengalir hingga ke beberapa tanah milik warga. Kejadian ini pun dimanfaatkan oleh warga sekitar. Mereka menyerbu lokasi dan mengambil minyak mentah untuk disuling dan dijual.

Lokasi ini seharusnya langsung diamankan agar minyak mentah yang ada dapat diselamatkan dan diolah menjadi bahan jadi, sehingga dapat diekspor dan menambah pendapatan negara.

Sumber : metronews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami