Ginjal Rusak Digantikan Tuhan dengan Ginjal Baru

Info Sehat / 19 May 2010

Kalangan Sendiri

Ginjal Rusak Digantikan Tuhan dengan Ginjal Baru

Lois Official Writer
4473

Satu lagi kejadian luar biasa terjadi di dunia kedokteran. Ada seorang anak perempuan yang bermasalah dengan ginjalnya, membuat para dokter terheran-heran. Angel Burton sejak dilahirkan mengalami sakit ginjal serius sehingga ia divonis harus menjalani operasi pada usia lima tahun.

Ibu Angel yang bernama Claire Burton (32) yang tinggal di Louth, Lincolnshire, melahirkan Angel pada tahun 2001. setelah beberapa bulan, kondisi Angel mulai menurun drastis. Dokter yang melakukan pemeriksaan berkata bahwa ada bilateral reflux pada organ tubuh Angel, yaitu katup pada kantung kemihnya tidak dapat berfungsi normal. Urine akan mengalir ke ginjal dan mengakibatkan infeksi.

Angel pun menjalani pembedahan di Rumah Sakit Anak Sheffield pada Oktober 2007 untuk memasang katup buatan. Namun, para dokter dibuat terpana karena dalam perut Angel ada empat ginjal dan dua di antaranya ginjal baru yang tumbuh sempurna menempel tepat di atas ginjal lamanya. Yang luar biasa, sepasang ginjal baru ini ternyata menggantikan peran ginjal lamanya sehingga Angel kini dapat terbebas dan sembuh total dari sakit ginjal.

Setelah tiga tahun ditemukannya ginjal baru, Angel yang kini berusia delapan tahun dalam kondisi sehat sempurna. Ia benar-benar mendapatkan mukjizat yang telah mengubah jalan hidupnya.

Para ahli medis menjelaskan bahwa Angel mengalami kondisi yang disebut duplex kidney, anak yang mengalami duplikasi pada dua ginjalnya disebut bilateral duplex kidney. Pada kasus Angel, dua ginjalnya mengalami duplikasi dan melebur satu sama lain.

Setiap ginjal ini memiliki ureter atau saluran yang terpisah sehingga bisa dikatakan Angel memiliki empat ginjal dan empat ureter. Para dokter yakin bahwa pada pemeriksaan terdahulu ginjal tambahan ini tidak terdeteksi karena posisinya tepat di atas ginjal lama.

Angel kini benar-benar pulih dan hidup sehat. Benar-benar mukjizat yang datang dari Tuhan begitu indahnya. Mungkin suatu hari jika ginjalnya baik semua, Angel mau mendonorkan dua ginjalnya yang lain sehingga meringankan beban orang yang ginjalnya rusak dan butuh ginjal baru. Kalaupun tidak, hal ini membuat Angel bersaksi akan kebaikan Tuhan dalam hidupnya.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami