Danau Tertua Ke-2 Di Dunia Mulai Terimbas Global Warming

Nasional / 18 May 2010

Kalangan Sendiri

Danau Tertua Ke-2 Di Dunia Mulai Terimbas Global Warming

Daniel Official Writer
3324

Danau Tanganyika, yang terletak di Afrika Timur merupakan danau tertua kedua dan terdalam kedua di dunia. Air danau ini dilaporkan telah mengalami pemanasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan suhu 26 derajat Celsius. Naiknya suhu menyebabkan turunnya stok ikan, hal ini mengancam kehidupan sekitar 10 juta orang yang tinggal di dekat danau. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan, seperti ditulis di livescience.com pada Minggu (16/5).

Menurut para peneliti dari Brown University, pemanasan global diduga menjadi penyebab penurunan produktivitas danau tersebut. Air yang menghangat itu telah merusak ekosistem unik yang terjadi secara alami tersebut. Kenaikan suhu ini adalah yang tertinggi dalam kurun waktu 1500 tahun.

Danau Tanganyika berusia sekitar 13 juta tahun memiliki kedalaman hampir 1,5 kilometer ini berbatasan dengan Burundi, Republik Demokratik Kongo, Tanzania, dan Zambia. Danau yang terbentuk ketika dua keping kerak benua terbelah, kemudian meluas hingga akhirnya menjadi cekungan selama jutaan tahun. Keretakan ini merupakan bagian dari celah raksasa di Afrika yang pada akhirnya disebut-sebut bisa menciptakan laut baru. Sayangnya danau ini hanya dieksploitasi saja. Tuhan memerintahkan kita untuk mengusahakan bumi, bukan hanya mengeksploitasi kekayaan alamnya saja.

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami