Aksi Protes Terjadi Karena Penistaan Al Quran

Nasional / 15 May 2010

Kalangan Sendiri

Aksi Protes Terjadi Karena Penistaan Al Quran

Lois Official Writer
4005

Ribuan orang memprotes penistaan AL Quran di Bundaran Perumahan Harapan Indah, Bekasi dan diwarnai kericuhan. Polisi dan sejumlah demonstran terlibat adu jotos. Kericuhan berawal saat sebuah mobil melintas di antara massa yang sedang berunjuk rasa. Tiba-tiba saja, sejumlah orang melakukan pelemparan botol plastik air mineral ke arah mobil tersebut.

Polisi yang melihat hal tersebut berusaha melakukan pengamanan, namun massa terus mengejar dan menimpuki mobil tersebut. Tidak diketahui motif apa yang menyebabkan massa berang terhadap mobil tersebut. Karena hal itu, akhirnya polisi dan demonstran bentrok. Untungnya kejadian ini tidak berlangsung lama.

Beberapa saat kemudian, kericuhan kembali terjadi. Massa mengeroyok seorang pria yang diduga sebagai provokator, lagi-lagi tidak diketahui provokasi seperti apa dan kenapa pria tersebut jadi tersangka. Polisi langsung mengamankan pria tersebut. Massa kemudian sempat menganiaya seorang kontributor sebuah TV swasta. Tanpa alasan yang jelas, massa tiba-tiba memukul jurnalis tersebut hingga mengalami luka lebam di wajahnya.

Setelah semua kejadian itu, 4 orang demonstran memanjat patung 3 mojang dan menutup salah satung patung dengan kain putih.

Sebelum peristiwa demo ini terjadi, Polres Bekasi menahan seorang pelajar SMA di Bekasi bernama Felix. Pelajar itu dituding telah menistakan agama Islam dengan menginjak-injak Al Quran. Felix ditahan sewaktu MUI Bekasi menemukan foto-foto berisi seorang pelajar menginjak Al Quran. Polisi menyita sejumlah bukti-bukti berupa foto, sepatu yang digunakan untuk menginjak, dan kamera.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui apakah Felix benar-benar bersalah atau hanya kesalahpahaman. Menghargai kebebasan beragama sudah diatur dalam UUD negara kita, karena itu kita perlu jaga dan menghargai kebebasan orang lain dalam memeluk suatu agama.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami