Tips Mudah Memulai Profesi Sebagai Penulis Profesional

Investment / 12 May 2010

Kalangan Sendiri

Tips Mudah Memulai Profesi Sebagai Penulis Profesional

Budhi Marpaung Official Writer
2825

Dunia tulis menulis adalah dunia bisnis atau investasi yang menjanjikan. Jika kita bisa melihat peluangnya bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi seorang milyuner layaknya penulis buku Harry Potter, J.K. Rowling. Namun, harus diakui tidak sedikit tantangan untuk menjadi seorang penulis profesional, bukan hanya dari lingkungan sekitar tetapi juga dalam diri sendiri.

Kita tidak bisa berkata bahwa hambatan untuk menjalani bisnis/investasi tulis menulis lebih sedikit dibanding bisnis/investasi bidang lainnya. Setiap jenis usaha yang kita ambil pasti memiliki resikonya masing-masing.

Lalu bagaimana agar kita dapat menjadi seorang penulis profesional? Di bawah ini adalah tips bagaimana mewujudkan hal itu dalam kehidupan Anda:

1. Banyak Membaca. Membaca adalah modal utama untuk menjadi seorang penulis. Tidak ada seorang penulis yang tidak membaca. Bacalah banyak buku terutama yang berkategori best-seller. Dengan melakukan hal ini, pikiran Anda akan terbiasa dengan berbagai genre tulisan dan pikiran. Mata Anda juga menjadi terbiasa melihat rangkaian tulisan, sehingga Anda akan selalu belajar dan menyerap banyak hal dan pelajaran dari sana.

2. Sediakan Waktu Untuk Menulis Apa Saja. Carilah alasan yang kuat untuk menulis, sehingga saat melakukannya, Anda menjadi fokus. Jangan lupa tentukan tenggat waktunya. Tanpa keduanya, biasanya Anda akan malas menulis karena sudah terlebih dahulu dihinggapi perasaan bosan.

3. Konsentrasi Dan Kerja Keras. Untuk menjadi seorang penulis profesional, tidak ada jalan selain harus produktif. Anda tidak bisa cuma menulis satu buah buku dalam satu tahun, karena itu hanya mempengaruhi royalti yang akan Anda terima. Dalam setahun setidaknya tulislah 2 novel atau buku yang sesuai dengan minat Anda dan puluhan essai atau cerita pendek untuk memperkuat eksistensi dan posisi Anda sebagai seorang penulis profesional.

4. Open Mind. Buka diri (mata, telinga dan hati) dan up-to-date terhadap keadaan, kejadian bahkan pemikiran dan imajinasi abstrak di pikiran Anda. Tuangkan semua itu dalam bentuk tulisan dan harus dilatih terus menerus. Penulis yang tidak pernah berlatih dan tidak akan merencanakan akan menjadi penulis, tapi karyanya menjadi best seller, kebanyakan terkena beginner’s luck saja. Tanpa ketekunan, Anda dipastikan tidak bisa eksis sampai buku selanjutnya.

5. Disiplin. Ada satu harga yang mesti dibayar jika ingin menjadikan tulisan sebagai lahan penghasilan utama Anda: harus berani menempatkan tulisan sebagai prioritas utama. Tempelkan dalam benak Anda bahwa menulis adalah profesi atau bisnis utama, biarpun sebenarnya untuk saat ini itu hanyalah sampingan. Hal ini akan menjadikan Anda disiplin dan taat pada setiap deadline kerja yang Anda buat sendiri.

6. Market Your Self. Anda pasti membuat buku tidak hanya hanya ingin dinikmati orang-orang dekat Anda saja, bukan? Oleh karenanya, Anda perlu strategi pemasaran khusus yang dibutuhkan untuk meraih pasar pembaca pemula. Penulis profesional yang melakukan ini adalah Alberthiene Endah. Ia tidak hanya bekerja sendiri atau mengharapkan bantuan penerbit semata agar buku biografi tentang KD (Kris Dayanti) laku di pasaran. Ia mendapat bantuan tenaga pemasaran yang mumpuni. Hasilnya? Buku biografi KD sangat mengesankan banyak orang, order pun datang dengan sendirinya, mulai dari pembuatan biografi Chriyse sampai Titik Puspa.

Penulis bukanlah profesi yang sembarangan. Semua orang bisa menulis, iya benar. Namun, menjadi profesional, hal yang berbeda. Bagi Anda yang ingin terjun dan serius ke dalam bidang ini, selamat menjalani proses yang ada dan ingatlah akan tips diatas.

Sumber : tipsanda.com
Halaman :
1

Ikuti Kami