Stan Lee: Berawal Dari Pujian Berujung Marvel Comic

Entrepreneurship / 2 May 2010

Kalangan Sendiri

Stan Lee: Berawal Dari Pujian Berujung Marvel Comic

Puji Astuti Official Writer
2952

Sebutkan Marvel Comics, dan hal pertama yang datang ke pikiran adalah pahlawan super seperti Spider-Man dan Hulk. Hal berikutnya, mungkin, adalah Stan Lee - yang membantu menciptakan karakter-karakter ikonik dan telah menjadi wajah publik Marvel selama beberapa dekade. Jadi, tidak mengherankan bahwa Lee senang tentang penawaran Disney sebesar 4 triliun dolar kepada Marvel. Apa yang mengejutkan adalah bahwa Lee tidak mengeluarkan sepeserpun untuk membangunnya. Memang Lee menjauh dari Marvel pada pertengahan 1990-an – dan sekarang dia adalah pemilik sebuah perusahaan - POW! Hiburan. Namun, Lee tidak pernah benar-benar meninggalkan Marvel. Pada 86, dia menjabat sebagai pemimpin emeritus, dan meskipun posisinya adalah seremonial, peran Lee diakui sebagai salah satu pembangun merek paling abadi di Amerika. Dan inilah ceritanya:

Saya dibesarkan di New York City selama masa depresi. kenangan saya yang paling awal adalah orang tua saya berbicara tentang apa yang akan mereka lakukan jika mereka tidak memiliki uang sewa. Untungnya, kami tidak pernah diusir. Tapi ayahku menganggur hampir sepanjang waktu. Dia telah menjadi pemotong pakaian, dan selama masa depresi, mereka tidak perlu banyak tukang pemotong pakaian. Jadi saya mulai bekerja ketika saya masih di SMA. Saya adalah seorang office boy, aku tukang antar, dan aku juga menulis obituari untuk selebriti saat mereka masih hidup. Banyak pekerjaan yang pernah aku ambil.

Ibuku adalah ibu terhebat di dunia. Dia pikir aku adalah hal terbesar yang memiliki dua kaki. Aku pulang dengan komposisi kecil yang saya tulis di sekolah dan ia melihatnya dan berkata, "Ini indah kau seorang Shakespeare!" Aku selalu menganggap aku bisa berbuat apa saja. Sungguh menakjubkan betapa banyak yang bisa dilakukan dengan sikap Anda.

Suami sepupuku, Martin Goodman, memiliki perusahaan bernama Timely Publication, dan mereka cari asisten. Saya pikir, Mengapa tidak? Ketika aku sampai di sana, saya menemukan bahwa mereka membuka bagian buku komik. Rupanya, saya satu-satunya pria yang telah disiapkan untuk pekerjaan itu. Saya pikir mungkin menyenangkan. Jadi saya menjadi pesuruh - hanya ada dua orang, Joe Simon, editor, dan Jack Kirby, artis. Mereka adalah pencipta Captain America, dan itulah apa yang mereka kerjakan pada waktu itu. Aku akan memenuhi wadah tinta, turun dan membeli makan siang, dan menghapus halaman dan memeriksa. Kemudian mereka dipecat karena beberapa alasan. Martin tidak menemukan seseorang untuk menjalankan departemen itu. Dia berkata padaku, "Dapatkah Anda melakukannya?" Saya berumur 17. Bila Anda berumur 17, apa yang Anda tahu? Aku berkata, "Tentu, aku bisa melakukannya."

Martin mungkin sudah lupa tentang aku, karena dia meninggalkan aku di sana begitu saja. Saya menikmatinya. Aku begitu muda, kadang-kadang memalukan. Seseorang akan datang ke kantor dan melihat aku di sana dan berkata, "Hei, nak, dapat saya bertemu editor?"

Pada saat saya mendapatkan pekerjaan itu, Superman telah diciptakan. Kami memiliki Human Torch, Sub-Mariner, Father Time, dan Huricane. Hal yang paling penting dalam hal ini adalah sampul. Semua buku-buku ini ada di kios majalah, dan Anda harus sampul buku ini akan memaksa seseorang untuk membeli buku tersebut. Dan segala sesuatu tergantung pada nama. Karakter seperti Hurricane adalah seorang pria yang berlari sangat cepat. Kemudian, ketika saya sedang mencari superhero baru, aku sadar bahwa seseorang merayap di dinding akan menarik. Aku berpikir, Mosquito Man akan menarik? Ini tidak terdengar sangat glamor. Fly Man? Aku melihat ke daftar dan tertuju pada Spider-Man. Itu saja.

Setelah sekitar 20 tahun saya bekerja, saya berkata kepada istri saya, "Saya pikir saya tidak sampai dimana-mana. Jadi saya pikir saya ingin berhenti.." Dia memberi saya sepotong nasihat terbaik di dunia. Dia berkata, "Mengapa tidak menulis satu buku seperti yang Anda ingin, bukan yang Martin inginkan? Keluarlah dari sistem kamu. Hal terburuk yang akan terjadi adalah dia akan memecat kamu – toh kamu juga ingin berhenti." Pada waktu itu, DC Comics memiliki buku berjudul The Justice League, tentang sekelompok superhero, yang terjual dengan sangat baik. Jadi tahun 1961 kami membuat Fantastic Four. Saya mencoba untuk membuat karakter yang berbeda dalam arti bahwa mereka lebih nyata dan memiliki masalah emosi. Dan hal ini diterima. Setelah itu, Martin meminta saya untuk datang dengan beberapa superhero lainnya. Saat itulah aku membuat X-Men dan Hulk itu. Dan kami berhenti menjadi sebuah perusahaan yang meniru.  

Pada tahun 1960, kami menyadari sesuatu. Saya pikir kami membutuhkan nama baru, karena kami bukanlah perusahaan yang sama seperti dulu. Aku ingat buku Martin pertama kali diterbitkan ketika saya mulai disebut Marvel Comics. Mengapa kita tidak sebut saja perusahaan Marvel? Ada banyak cara anda dapat menggunakan kata itu dalam iklan. Saya datang dengan menangkap frasa seperti "Membuat tambang Marvel" dan "pawai Marvel dimulai!"

Martin baik dan membuat banyak uang, tapi ia tidak ambisius. Dia ingin hal-hal yang tetap seperti adanya. Dia menyewa seorang teman baik untuk menjadi manajer bisnis, dan mereka akan menghabiskan dua atau tiga jam sehari di kantor Martin bermain Scrabble. Aku tidak mengerti. Aku selalu frustrasi.

Pada akhir 60-an, Martin menjual perusahaan ke sebuah perusahaan bernama Perfect Film and Chemical. Semuanya berubah. Martin berharap Chip putranya akan menjadi penerbit, tapi pemilik baru membuat saya menjadi penerbit. Kemudian, mereka membuat saya jadi presiden dan bahkan direktur. Tapi saya tidak pernah jadi pengusaha. Aku ingat ketika dewan meminta saya untuk datang dengan sebuah rencana tiga tahun untuk perusahaan. Aku berkata, "Guys, aku tidak tahu bagaimana memprediksi di mana kita akan berada di tiga tahun mendatang,  aku bahkan tidak tahu saya harus sarapan apa besok.." Aku mengundurkan diri sebagai presiden setelah sekitar setahun. Maksudku, aku bisa menambah dan mengurangi, tapi aku benci untuk membaca lembar nomor. Saya suka menulis cerita.

Semua karakter di Marvel ide-ide saya, tetapi ide-ide tidak berarti apa-apa kecuali saya punya seseorang yang bisa menggambarkan hal itu. Untuk Spider-Man, aku menelepon Jack Kirby, dan ia menggambar beberapa halaman tapi tidak cocok. Jack membuat semuanya jadi heroik, dan saya ingin Peter Parker tampak seperti anak biasa. Jadi aku punya Ditko Steve untuk melakukannya. Setiap kali saya akan membahas strip, saya akan mengatakan bahwa Steve Ditko dan saya membuat Spider-Man. Aku jelas tidak memiliki karakter Marvel. Aku tidak pernah memiliki mereka. Jika saya lakukan, saya akan terlalu kaya untuk berbicara dengan Anda.

New World Pictures membeli Marvel pada tahun 1986. Akhirnya, kami dimiliki oleh perusahaan besar, dan  kaya. Tapi semua orang gelisah. Saya diundang ke pertemuan eksekutif New World. Aku pikir aku akan dipecat. Aku tidak akan pernah lupa: Aku masuk ke ruang rapat, mungkin selusin orang duduk di sekeliling meja, dan hal pertama yang dikatakan salah seorang eksekutif adalah, "Stan, tolong autographing beberapa buku komik?" Jadi kupikir itu adalah awal yang baik.

Ron Perelman memiliki  perusahaan ini pada tahun 1989. Tetapi pada titik tertentu, Marvel terpaksa menjadi bangkrut.

Mereka membiarkan semua orang pergi. Aku tidak suka menganggur, jadi aku pindah ke Stan Lee Media. Kami mulai dengan baik. Kami melakukan banyak proyek yang berbeda. Semua orang datang kepada kami. Aku tidak tahu ada masalah, tapi suatu hari ada pertemuan oleh para eksekutif dan saya diberitahu bahwa kami harus tutup, karena tidak bisa lagi memberi gaji.

Ketika Stan Lee Media bangkrut, kami memutuskan untuk membentuk perusahaan lain, POW! Hiburan. Ini menyenangkan. Beberapa tahun lalu, kami membuat kesepakatan pertama dengan Disney, di mana apapun yang saya buat saya harus menunjukkan kepada mereka terlebih dahulu. Jika mereka tidak menginginkannya, aku bebas membawanya ke tempat lain. Kami melakukan beberapa hal televisi, dan kami memiliki beberapa kesepakatan dengan perusahaan film lain dan beberapa perusahaan penerbitan. Nama saya adalah pintu terbuka. Yang paling penting di Hollywood adalah membuat orang untuk menerima telepon Anda. Setidaknya orang menerima panggilan kita.

Ketika Saya masih kecil, Disney adalah salah satu dewa saya. Aku hanya suka film seperti Snow White dan Pinokio. Aku ingat Martin Goodman mengatakan, "Buku-buku kami dan karakter akan populer, jika saja kita bisa membuat film ... kita bisa jadi Disney yang lain!" Dia sama sekali mengabaikannya. Aku tidak pernah bermimpi bahwa beberapa tahun kemudian saya akan memiliki kesepakatan pertama dengan Disney. Itu sendiri sudah sangat memuaskan. Dan kemudian, saat Disney membeli Marvel, hampir seperti lingkaran yang sempurna. Aku hanya berharap itu terjadi ketika aku masih aktif dengan Marvel.

Menjadi ketua Marvel emeritus adalah kehormatan besar. Sesekali, mereka akan meminta saya untuk menulis sebuah cerita untuk masalah khusus, dan aku pergi ke tempat mereka di konvensi buku komik memberi tanda tangan. Aku melakukan apa yang aku bisa untuk mereka. Bahkan ketika saya menggugat mereka di tahun 2002, saya selalu mengatakan itu adalah gugatan ramah yang pernah ada. [Lee mengatakan bahwa Marvel gagal membayar bagian dari keuntungan dari film Spider-Man pertama. Gugatan itu telah diselesaikan.]

Mitra saya Gill Champion dan Arthur Lieberman menjalankan semua bisnis saya. Dan yang saya lakukan adalah menulis cerita dan mencari ide-ide. Jika Gill berkata kepadaku, "Stan, kita perlu hal lain untuk ditunjukan pada Disney," Aku duduk dengan pensil dan kertas di meja saya, dan saya berpikir tentang apa yang dapat saya lakukan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jika aku tidak bisa memikirkan negara adikuasa baru, saya mencoba untuk memikirkan kualitas karakter baru yang mungkin. Mungkin karakter ini memiliki kemampuan tertentu yang memberinya kesedihan. Memikirkan cerita mudah. Memikirkan karakter mudah. Menemukan cara untuk membuat sesuatu yang orang belum pernah lihat sebelumnya - itu yang sulit. Tapi ini juga sesuatu  yang sangat menyenangkan.

Sumber : Inc.com
Halaman :
1

Ikuti Kami