Membuat Anak Beralih Dari Botol Susu Ke Gelas

Parenting / 1 May 2010

Kalangan Sendiri

Membuat Anak Beralih Dari Botol Susu Ke Gelas

Daniel Official Writer
4532

Memisahkan anak Anda dari botol susunya bukanlah hal yang mudah karena bagi anak Anda meminum susu di dalam botolnya adalah suatu pengalaman nikmat tiada tara. Botol susu sudah menjadi sahabat setianya sehingga anak Anda akan rewel jika tidak ada benda tersebut. Namun ada waktunya untuk mereka lepas dari botol dan beralih menggunakan gelas. Dalam hal ini memerlukan bantuan Anda karena anak tidak begitu saja mau melepaskan botol minumnya. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan :

1. Singkirkan botolnya. Anda harus memutuskan kapan waktunya anak Anda berhenti menggunakan botol susu. Jika menurut Anda sudah tiba waktunya, segera singkirkan botol dari rumah Anda. Tetapi pastikan anak Anda melihat Anda melakukannya dan katakan bahwa Anda akan memberikan botol tersebut kepada anak lain yang lebih membutuhkan. Ajak anak membawanya ke kotak pos, ucapkan perpisahan, dan minta ia tetap tabah. Jika Anda hanya menyimpan di rak, hal ini akan membuat anak Anda terus merengek memintanya.

2. Ganti botolnya dengan gelas. Bila si kecil belum bersedia melepaskan botol susunya, Anda bisa menawarkan alternatif untuk memikatnya. Misalnya, dengan memberikan sippy cup (gelas yang diberi penyedot).

3. Jangan menyerah. Proses transisi ini sering tidak berjalan dengan mudah. Pasti akan ada saat dimana anak Anda terus menerus merengek dan menangis atau bahkan dia menolak untuk minum susu. Menghadapi situasi ini Anda harus tetap meneruskan keputusan untuk menyingkirkan botolnya untuk alasan yang tepat. Jika sikap Anda melunak, Anda justru menghambat kemajuan anak Anda.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami