Tips Oke Hemat Biaya Listrik

Investment / 1 May 2010

Kalangan Sendiri

Tips Oke Hemat Biaya Listrik

Lois Official Writer
5089

Semua orang tahu bahwa pengeluaran dana untuk listrik sangat mempengaruhi kondisi keuangan. Pemakaian listrik yang terlalu banyak, membuat biaya membengkak sehingga keuangan menjadi seret. Agar tidak terjadi hal yang demikian, berikut tips yang bisa menghemat pemakaian listrik Anda.

-         Matikan lampu dan peralatan elektronik (lampu, televisi, computer, stereo, mesin cuci, oven, video game, kipas/AC ruangan yang tak terpakai, maupun rice cooker). Jangan meninggalkannya dalam keadaan stand-by karena mereka masih mengkonsumsi listrik!

-         Bila ingin membeli peralatan elektronik, belilah alat elektronik dengan model paling hemat energi.

-         Memasak air dengan menggunakan kompor, jangan listrik. Bila untuk mandi, gunakan pemanas tenaga matahari. Jika rumah Anda menggunakan pompa, jangan biarkan terus berjalan. Air disediakan secukupnya dan dijaga jangan sampai mengalir terus menerus.

-         Manfaatkan cahaya matahari dan angin yang alami secara optimal di siang hari sampai sore hari. Buka jendela lebar-lebar, hal ini juga baik untuk sirkulasi udara rumah Anda. Nyalakan lampu saat menjelang sore ke malam. Jangan lupa lampu diganti dengan lampu hemat energi dan dijaga agar selalu bersih supaya terangnya maksimal.

-         Pintu lemari es ditutup rapat dan isi lemari es secukupnya. Terlalu penuh akan menghalangi sirkulasi udara pendingin, sama halnya bila kita memasukkan makanan / minuman panas. Hal ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras dan otomatis menyedot lebih banyak listrik.

-         Atur suhu AC sesuai kebutuhan. Semakin dingin suhu semakin banyak energi listrik yang diperlukan.

-         Gunakan mesin cuci hanya bila cucian Anda banyak atau sesuai kapasitas. Isi air sesuai petunjuk. Gunakan panas matahari untuk pengeringan secara alami. Mesin cuci yang efisien mampu menghemat air hingga 1.500 liter per tahun. Hemat listrik, hemat air, hemat penggunaan mesin cuci, hemat biaya!

-         Bersihkan bagian bawah setrika dari kerak / kotoran. Hal ini membuat listrik lebih hemat terpakai. Pilihlah setrika listrik yang menggunakan system pengatur panas otomatis.

-         Cegah kebocoran air pada kran atau pipa.

-         Lebih baik gunakan laptop daripada desktop atau PC karena laptop hemat 5 kali lipat dibandingkan PC. Kalau Anda terlanjur mempunyai PC dianjurkan menggunakan layar monitor LCD dibandingkan CRT.

-         Cabut steker listrik barang elektronik yang tidak bisa kita gunakan. Bisa juga menggunakan stop kontak untuk mematikannya.

-         Cabut charger ponsel saat indicator hp sudah penuh

Hal-hal kecil seperti ini dapat berdampak besar bagi pengeluaran biaya bulanan Anda untuk listrik, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikannya. Jadikan hemat listrik sebagai kebiasaan hidup Anda.

Sumber : tipsoke/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami