ICW Laporkan Mafia Hutan Ke Satgas

ICW Laporkan Mafia Hutan Ke Satgas

Budhi Marpaung Official Writer
1887

Belum selesai kasus mafia pajak, kini muncul kasus mafia kehutanan dan pihak yang membukanya adalah Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

ICW dan Walhi, Kamis (22/4), mengadukan 12 pejabat Polri, pejabat di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten di Riau, serta kementerian kehutanan ke Satgas Pemberantasan Mafia Hukum. Pengaduan ini sendiri berkaitan dengan dikeluarkannya Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3) 13 kasus illegal logging oleh Polda Riau.

Peneliti ICW Febri Diansyah dalam keteranganya di Jakarta menyatakan bahwa keluarnya SP3 itu sangatlah ganjil dan berbau unsur suap. Oleh karena itu, pihaknya beserta dengan Walhi tidak ragu-ragu melaporkan pelanggaran ini kepada Satgas Mafia Hukum.

Sementara itu, di lain tempat Mas Achmad Santosa mengatakan bahwa Satgas Mafia Hukum telah menerima laporan kasus mafia hutan yang terjadi di Riau. Ia berjanji akan menindaklanjuti laporan ICW dan Walhi yang diduga telah merugikan keuangan negara hingga Rp 2,8 triliun.

Satu persatu pelanggaran hukum yang dilakukan para pejabat pemerintah dan aparat hukum terbongkar dan ini sebenarnya adalah sebuah sinyalemen yang bagus. Tidak tertutup kemungkinan, setelah mafia pajak, mafia kehutanan, dan mafia kasus hukum terbongkar, akan banyak lagi kasus-kasus mafia yang sebelumnya tertutup rapat menjadi terbuka. Cuma menjadi pertanyaan saat ini, setelah hal itu terbuka, apakah orang-orang bersih di pemerintahan dan lembaga hukum bisa menyelesaikannya hingga tuntas? Mungkin hanya waktu yang bisa menjawabnya.   

 

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami