Cerita Dibalik Kesuksesan Bono dan Band U2

Internasional / 23 April 2010

Kalangan Sendiri

Cerita Dibalik Kesuksesan Bono dan Band U2

Puji Astuti Official Writer
6093

U2, band asal Irlandia dengan vokalis Bono, yang sangat dikenal radikal dalam Tuhan dan juga melakukan banyak aksi kemanusiaan , dinyatakan oleh Billboard sebagai band paling kaya di tahun 2009 lalu dengan penghasilan total sebesar 109 juta dolar.

Dari 40 daftar penghasil uang Billboard, U2 menduduki posisi pertama, dan diikuti oleh Bruce Springsteen ($ 57.6 juta), Madonna ($ 47.2 juta), AC/DC (43.6 juta) dan Britney Spears ($38.8 juta).

Menurut para pengamat theologia, U2 sangat dipengaruhi oleh Bono sehingga lyric-lyricnya sangat bernapas Kristen.

“Seperti dua album terakhir, No Line jelas sangat dipengaruhi dunia Kristen, coba simak lirik dari track kedua album ini, ‘Justified until we die/You and I will magnify/Oh, the Magnificent’,” demikian komentar Steven R Harmon, seorang professor dari Samford University.

Tema Kristen dalam musik U2 memang sudah terasa sejak album mereka di tahun 1981, yang masuk dalam daftar album musik Kristen terbesar sepanjang masa. Selain itu juga album mereka yang berjudul “The Joshua Tree” yang dirilis pada tahun 1987, sangat simbolik sekali mengarah pada Kristus.

Memang tidak semua lagu mereka memiliki pandangan ke-Kristenan, bahkan beberapa sangat jauh dari hal itu dan membuat kontroversi akan keyakinan kelompok tersebut. Namun bagaimanapun, karya-karya mereka dan kiprah Bono telah menjembatani grup ini masuk ke dalam gereja-gereja dan bahkan sangat berpengaruh dalam musik gereja terutama gereja-gereja episkopal.

Selain itu, munculnya Bono sebagai ikon musisi Kristen yang berkiprah dalam dunia sekuler makin kuat ketika munculnya buku tentang dirinya yang berjudul “Bono in conversation with Michka Assayas”. Dalam interview dengan Assayas yang adalah seorang jurnalis musik ini, Bono dengan terbuka membagikan imannya kepada Kristus.

Sebuah keberhasilan bisa dicapai dengan kerja keras, dan hampir semua orang bisa melakukannya bahkan tanpa Kristus. Namun dalam Kristus, Tuhan bisa memakai keahlian dan talenta kita lebih dari sekedar menghasilkan jutaan dolar. Tuhan memakai Bono dan band U2 untuk menyampaikan kasih Tuhan kepada dunia dengan cara yang unik. Sehingga suatu generasi bisa dipengaruhi, dan membuat perbedaan yang nyata di dunia ini. Bono dan personel U2 hanyalah manusia biasa sama seperti kita, yang membedakan hanyalah apakah Anda dan saya bersedia Tuhan pakai.

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami