Pengangguran yang Produktif, Bisakah?

Career / 23 April 2010

Kalangan Sendiri

Pengangguran yang Produktif, Bisakah?

Lois Official Writer
4478

Para fresh graduate biasanya akan mengalami masa-masa tanpa kegiatan berarti alias menganggur. Hari-hari akan dilewati dengan mencari dan melamar lowongan kerja yang ada di media apa saja, misalnya surat kabar dan job portal. Memang terasa nyaman untuk satu atau dua minggu, namun percayalah setelah menginjak bulan-bulan selanutnya dan pekerjaan belum juga didapat, kebosanan dan keputusasaan mulai datang menghampiri.

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu menganggur Anda dan mengusir kebosanan yang ada :

Volunteer

Melakukan kegiatan kemanusiaan di organisasi sosial, lembaga agama, maupun organisasi lainnya. Di sini, Anda secara tidak langsung akan dilatih untuk bertanggung jawab atas apa yang menjadi bagian Anda sehingga tidak asing lagi ketika Anda bergabung dalam sebuah perusahaan, sekaligus Anda mendapatkan kesempatan untuk memperluas jejaring.

Bergabung dalam organisasi profesi

Misalnya organisasi bahasa, organisasi pendidikan, organisasi kebudayaan, dan lainnya. Cobalah untuk terlibat lebih jauh dalam organisasi tersebut dengan menjadi anggota kepanitiaan untuk mengurus sebuah event.

Back to school atau ikuti kursus

Setelah lulus, ilmu / ketrampilan jarang terpakai. Refresh otak Anda dan update keterampilan dengan mengikuti kursus atau mungkin kuliah S2. Hal ini dapat Anda lakukan bila Anda mempunyai biaya untuk mengikuti kursus atau kuliah lanjutan.

Magang

Anda memang tidak mendapatkan penghasilan, namun pengalaman. Pengalaman ini dapat menjadi nilai jual lebih dalam menghadapi persaingan dunia kerja nanti. Dengan magang, Anda bisa merasakan suasana kerja sehingga di masa mendatang, Anda dapat beradaptasi lebih lancar.

Menjadi pengajar

Membagikan ilmu menjaga pengetahuan yang Anda miliki tidak hilang dan yang lebih menguntungkan adalah kesan yang bagus untuk leadership, team work, dan untuk inisiatif Anda sendiri.

Mencoba peluang bisnis

Menggali jiwa entrepreneur dengan membangun bisnis kecil-kecilan dapat juga Anda lakukan. Selain produktif dan menghasilkan uang, mungkin nantinya Anda juga menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain.

Bangun jejaring sosial.

Mulai membangun hubungan baik dengan teman dan mantan dosen sewaktu kuliah. Bergabunglah dengan berbagai situs pertemanan. Manfaatkan pesta yang Anda hadiri. Mengumpulkan dan saling bertukar kartu nama sangat baik untuk memperpanjang daftar kontak Anda.

Jadi freelancer

Dengan menjadi pekerja lepas setidaknya Anda bisa mendapatkan uang dan bisa bekerja secara mandiri dengan bebas. Selain menambah jam terbang, setidaknya Anda juga dapat memperoleh pengalaman kerja.

Sumber : jobsdb/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami