Kepolisian Sukses Tangkap Mafia Pajak di Surabaya

Kepolisian Sukses Tangkap Mafia Pajak di Surabaya

Budhi Marpaung Official Writer
2867

Kepolisian wilayah kota besar Surabaya berhasil membongkar kejahatan kasus pajak di wilayahnya. Setidaknya sudah ada 10 orang yang ditangkap oleh aparat terkait masalah ini dimana 1 orang diantaranya tercatat sebagai PNS Kantor Direktorat Jenderal Pajak 1 Jatim.              

Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Ike Edwin dalam keterangan persnya mengatakan, terbongkarnya kasus pajak yang melibatkan pegawai pajak di Surabaya bermula dari laporan salah seorang konsultan pajak di kawasan Waru, Sidoarjo, awal Maret lalu. Dalam laporan tersebut, sang konsultan pajak menyatakan bahwa kliennya diduga kuat mendapat surat setoran pajak (SSP) palsu dan melihat indikasi ada orang yang bermain-main di dalamnya.

Pihak kepolisian akhirnya menelusuri lebih lanjut laporan tersebut. Dari bukti-bukti yang ada, semua mengarah adanya keterlibatan pihak pelapor yang turut melakukan kejahatan. Dan benar, dua orang dari perusahaan konsultan pajak yakni F dan IR ternyata ikut melakukan dalam kejahatan pembuatan SPP palsu.  

Dari kedua orang inilah, tambah Ike, delapan orang yakni M, GBS, HWS, TS, MS, S,  ECU dan S akhirnya ditangkap.

Menurut orang nomor satu di Polwiltabes Surabaya tersebut, sindikat mafia pajak yang diungkap bukanlah kelas teri. Orang-orang yang bermain dalam kasus pajak itu sudah melancarkan aksi sejak lima tahun lalu. Mereka telah merugikan negara ratusan miliar rupiah. Wajib pajak yang ditipu bahkan lebih dari 350 perusahaan.

Di tengah krisis kepercayaan masyarakat kepada Polri, para anggota Bhayangkara justru menunjukkan prestasi yang mengagumkan. Kasus pajak yang sedang menjadi perhatian masyarakat satu persatu mulai terbongkar dan para pelakunya juga telah ditahan. Selamat kepada jajaran kepolisian, semoga hal ini terus dijaga demi mewujudkan Indonesia bersih dan maju.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami