Mengenal Wirausaha Sosial

Investment / 11 April 2010

Kalangan Sendiri

Mengenal Wirausaha Sosial

Daniel Official Writer
3196

Investasi tidak hanya sekadar untuk mengejar keuntungan namun juga bisa dipakai untuk menangani masalah sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat. Investasi jenis ini disebut wirausaha sosial, palakunya disebut wirausahawan sosial. Di Indonesia, sebenarnya sudah terdapat wirausaha sosial, seperti Bina Swadaya. Lembaga ini mencari keuntungan melalui beberapa unit bisnisnya, tetapi keuntungan itu diinvestasikan kembali untuk membantu masyarakat kecil dan juga petani.

Menurut Manajer Promosi Wirausaha Sosial dan Kebudayaan Kantor Kementerian Urusan Sektor Ketiga Tamsyn Roberts, wirausaha sosial didefinisikan sebagai lembaga bisnis yang tujuan utamanya bersifat sosial. Setiap keuntungan yang didapat dari usahanya dinvestasikan kembali untuk mencapai tujuan sosial itu atau untuk kepentingan sosial. Kewirausahaan sosial lebih dari sekadar didorong oleh keinginan untuk memaksimalkan profit bagi pemegang saham atau pemilik.

Pada 1980-an hingga 1990-an wirausaha sosial mulai menyebar dan berkembang. Dan di Inggris, salah satu penggeraknya adalah Bill Drayton, yang mendirikan wirausaha sosial bernama Ashoka.

Namun berbeda dengan Indonesia, di Inggris lembaga-lembaga wirausaha sosial itu mendapat pengakuan pemerintah. Di samping perusahaan dan yayasan, Pemerintah Inggris mengakui keberadaan wirausaha sosial itu. Pengakuan keberadaan wirausaha sosial oleh pemerintah Inggris dilakukan karena pada kenyataannya lembaga tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menjawab berbagai tantangan masalah sosial dan lingkungan.

Wirausaha sosial juga diyakini mendorong hal-hal yang bersifat etis dalam bisnis, memperbaiki pelayanan publik, dan pada kenyataannya wirausaha sosial menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat. Di Indonesia sebenarnya sudah lama lembaga-lembaga wirausaha sosial bermunculan namun pemerintah masih belum mengakui keberadaannya. Meskipun demikian, para wirausahawan sosial terus melangkah. Anda tertarik mencoba wirausaha jenis ini?

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami