Paus Hadapi Gugatan Hukum Dari Pengacara AS

Internasional / 4 April 2010

Kalangan Sendiri

Paus Hadapi Gugatan Hukum Dari Pengacara AS

Budhi Marpaung Official Writer
5058

Vatikan dikabarkan sedang menyusun pembelaan hukum untuk melindungi Paus Benediktus xvi dari gugatan pelecehan seks di AS.

Gugatan hukum ini diajukan sebuah organisasi pengacara di negara bagian Kentucky karena melihat Paus yang telah di bawah sumpah gagal melaporkan kasus penyalahgunaan seks yang dilakukan oleh para pastor Katolik.

Sementara itu, pengacara Vatikan mengatakan tidak terlalu memusingkan gugatan itu dan menganggapnya angin lalu saja karena Paus memiliki kekebalan hukum sebagai kepala negara.

Mereka juga berpendapat para uskup dan pastor di Amerika Serikat yang melakukan pelecehan seksual di negara adikuasa tersebut bukanlah di bawah pimpinan Paus.

Dalam pertemuan rutin rabu dengan para pastor di Vatikan, Paus Benediktus tidak mengungkit sama sekali mengenai skandal seks yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di sekitar komunitas Kristiani dan Katolik.

Walaupun begitu, Paus memberikan nasihat kepada orang-orang yang hadir pada pertemuan itu agar lebih mendekatkan diri kepada Kristus dan pesan-pesan-Nya yakni pengharapan, rekonsiliasi dan perdamaian.

Sangat disayangkan memang bila Paus Benediktus xvi belum mengambil sikap tegas kepada para pastor yang melanggar asusila. Gereja seharusnya menjadi tempat pertama dimana hal-hal yang baik dan benar dinyatakan. Bila ini tidak dilakuka bukan hanya nama Gereja yang menjadi buruk, tetapi nama Allah pun menjadi ikut buruk.

Sumber : cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami