Rekor Baru China, Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia

Serba-Serbi Sehat / 28 March 2010

Kalangan Sendiri

Rekor Baru China, Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia

Puji Astuti Official Writer
3693

Berdasarkan laporan terbaru, lebih dari 92 juta orang dewasa di China menderita diabetes, dan sekitar 150 juta lainnya sedang menuju kearah yang sama. Penyakit diabetes ini rata-rata di derita orang yang memiliki lingkar pinggang besar dan tinggal di daerah perkotaan.

David  Whiting, peneliti epidemiologi dari Federasi Diabetes Internasional menyatakan bahwa penderita diabetes di China 3 berbanding 1 dengan penderita HIV di dunia.

Menurut FDI, pada tahun 2030 nanti ada 435 juta orang yang mengidap diabetes.

Laporan yang di rilis pada New England Journal of Medicine ini menguji 46.000 orang sebagai sample. Setiap orangnya, diuji kadar gulanya setelah dua setengah jam subyek menelan larutan gula, dengan dugaan diabetes disebabkan asupan roti.

Berdasarkan penelitian ini, 50 juta pria dan 42 juta wanita menderita diabetes, atau hampir 1 dari 10 orang dewasa.

Dr. Jiang He, dari Tulane University di New Orleans menyatakan bahwa diabetes telah menjadi epidemic di China.

Meningkatnya jumlah penderita diabetes karena meningkatnya asupan kalori dalam jumlah besar dan menurunnya aktifitas fisik akibat keadaaan ekonomi yang membaik. Dengan berjalan kaki 30 menit setiap harinya dan mengurangi makan, menurut para peneliti dapat menghindarkan seseorang dari penyakit diabetes ini.

Jadi, apakah Anda menerima tantangan untuk mengubah gaya hidup Anda? Caranya mudah, mulailah berjalan kaki dan kurangi jumlah asupan kalori Anda.

Sumber : Reuters
Halaman :
1

Ikuti Kami