Umat Muslim Serang Umat Kristen Koptik di Mesir

Internasional / 21 March 2010

Kalangan Sendiri

Umat Muslim Serang Umat Kristen Koptik di Mesir

Budhi Marpaung Official Writer
5096

Serangan terhadap komunitas Kristen di Mesir pada Sabtu, 13 Maret lalu telah melukai lebih dari 20 orang. Tiga di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Umat Muslim yang ada saat itu mengebom rumah keluarga Kristen dan menyerang sebuah pusat komunitas Koptik.

Koptik merupakan kelompok Kristiani terbesar di negara yang dahulu kala dipimpin Firaun. Tercatat, ada 8 juta orang Kristen Koptik disana. Mereka umumnya hidup dalam damai dengan umat Islam, tetapi kekerasan seringkali mereka alami.

Hussein Fekry, kepala keamanan setempat, mengatakan bahwa bentrokan Sabtu lalu hanya terjadi di wilayah terbatas dan penyebabnya adalah pagar yang baru dibangun di sekitar pusat komunitas Koptik.

Bapa Bejemy, seorang uskup Koptik, justru mengungkapkan hal berbeda. Menurutnya, kaum Muslim sudah merencanakan membuat kerusuhan setelah seorang imam menyerukan jihad melawan orang-orang kafir dalam sebuah khotbah Jumat. Mereka memiliki niat tertentu dalam penyerangan-penyerangan yang mereka lancarkan kepada umat Kristen.

"Jika pagar adalah masalah, saya setuju untuk membongkarnya. Saya hanya berharap ini adalah masalah sebenarnya," kata Bejemy dalam wawancara telepon dari Marsa-Matruh. "Saya tidak yakin apakah kekerasan ini murni karena satu kelompok kristen yang bertindak tidak bijaksana atau memang sebenarnya ada maksud lain yakni untuk melenyapkan kekristenan dari negara ini. Hanya waktu yang akan menjawabnya."

Sumber : cbn.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami