Terus Diserang, Umat Kristiani Nigeria Minta Bantuan Pemerintah

Internasional / 16 March 2010

Kalangan Sendiri

Terus Diserang, Umat Kristiani Nigeria Minta Bantuan Pemerintah

Budhi Marpaung Official Writer
4317

Umat Kristiani Nigeria meminta pemerintah berkuasa untuk melindungi mereka dari kekerasan yang terus dilakukan kelompok agama lain yang ada di negara tersebut.

Ratusan orang tewas dalam serangan terhadap desa-desa Kristiani di dekat kota Jos, minggu ini. Organisasi Palang Merah Internasional yang memberikan bantuan kesehatan disana mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan bagian dari siklus kekerasan sektarian.

"Setelah pembunuhan pada Januari, desa seharusnya dilindungi dengan baik," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Navi Pillay. "Jelas, upaya pemerintah Nigeria untuk mengatasi kekerasan di negaranya belum optimal, sementara luka batin yang dirasakan umat Kristiani semakin dalam dan dalam."

John Hassan dari Gereja Anglikan di Jos mengatakan bahwa para pemimpin Muslim menginginkan umat Kristiani disana keluar dari plateau state (area umat Kristiani Nigeria bermukim selama ini, red).  

"Mereka ingin mengusir kami dari plateau state," kata Hassan. "Mereka menyerukan umat Islam disana untuk datang bersama dan melancarkan serangan pada orang-orang Kristiani yang hidup di plateau state karena mereka merasa bahwa daerah tersebut merupakan milik mereka dan karena itu mereka tidak melihat adanya alasan mereka tidak dapat mengeluarkan orang Kristiani dan mengambil alih wilayah tersebut."

Militer, tambahnya, tidak selalu melindungi umat Kristiani karena para tentara bersimpati dengan kaum muslimin.

Nigeria merupakan salah satu negara dimana umat Kristiani diperlakukan dengan sewenang-wenang. Beberapa kasus kekerasan tercatat di negara berpenduduk sekitar 126 juta jiwa tersebut (sensus 2006, red). Kejadian terakhir, setidaknya ada 200 orang yang dinyatakan tewas karena pertikaian antara Kristen dan Muslim di kota Jos, Minggu (7/3) lalu.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami