Ukur Barometer Kebugaran Anda Dengan Push Up

Fit & Charming / 7 March 2010

Kalangan Sendiri

Ukur Barometer Kebugaran Anda Dengan Push Up

Daniel Official Writer
4185

Push up adalah aktivitas umum bagi mereka yang senang pergi ke pusat-pusat kebugaran dan berfitness ria. Tahukah Anda bahwa sebenarnya push up juga dapat digunakan sebagai barometer kebugaran yang paling sederhana, mudah dan paling cepat. Melakukan push up dapat menguji seluruh tubuh, mengatur otot di lengan, dada, perut, pinggul dan kaki.

Aktivitas push up mengharuskan tubuh tegang seperti papan dengan jari kaki dan telapak tangan di atas lantai. Gerakan-gerakan yang dilakukan untuk mengangkat dan menurunkan berat badan sesungguhnya memerlukan kekuatan dan daya tahan yang prima untuk melakukannya sampai berkali-kali.

Banyak orang yang tidak dapat melakukan push up. Kebanyakan para ahli kesehatan dan kebugaran bahkan memfokuskan kebugaran pada tubuh bagian atas, seperti aerobik yang menekankan kebugaran kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

Push up bagi orangtua ternyata sangat penting. Kemampuan untuk melakukan push up lebih dari satu kali dengan sikap sempurna mengindikasikan kapasitas seseorang untuk melawan efek penuaan. Para peneliti yang mempelajari mengenai biomekanisme penuaan menemukan bahwa push up dapat memberikan kekuatan dan kemampuan otot untuk menahan saat tubuh terjatuh.

Bila seseorang terjatuh ke depan, secara refleks ia akan mempertahankan diri sehingga akan menghasilkan suatu gerakan yang serupa dengan push up. Tangan akan menyentuh lantai, pergelangan tangan dan lengan akan menyerap dampak jatuh, posisi siku yang sedikit bengkok akan mengurangi gaya karena jatuh.

Bila sudah begini, ada baiknya Anda mulai berlatih push up sejak saat ini dan kebugaran pun akan Anda peroleh.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami