Badai Xynthia Landa Eropa, 53 Orang Tewas

Nasional / 1 March 2010

Kalangan Sendiri

Badai Xynthia Landa Eropa, 53 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
2336

Sebuah badai musim dingin yang bernama "Xynthia" menghantam pantai barat Eropa pada Minggu (28/2) lalu dan menyebabkan setidaknya 53 orang meninggal dunia. Pohon dan tiang-tiang listrik bertumbangan karena hantaman badai.

Kawasan yang paling parah mengalami kerusakan akibat badai ini adalah Perancis. Perdana Menteri Perancis Francois Fillon mengumumkan bahwa sedikitnya 45 warganya tewas karena badai ini.

"Ini bencana nasional," demikian pernyataan Fillon dalam jumpa pers singkat di sela-sela pertemuan darurat untuk mengatasi situasi tersebut. "Banyak orang meninggal dan di kejutkan oleh meningkatnya jumlah debit air."

Berdasarkan keterangan Fillon, Presiden Perancis Nicolas Sakozy akan mengunjungi Charete-Maritime pada Senin ini. Daerah Charete-Maritime dan Vendee, yang berada di pantai barat Perancis merupakan daerah terparah yang mengalami banjir dan naiknya air pasang akibat badai Xynthia.

Badi ini bergerak dari Portugal menuju ke timur laut Belanda. Selain itu juga mengarah ke Laut Baltik dengan kekuatan 175 km/jam (108 mph). Spanyol juga melaporkan tiga orang tewas akibat badai ini.

Badai ini juga mempengaruhi jalur transportasi, banyak jadwal penerbangan dan jadwal keberangkatan kereta dibatalkan akibat badai ini.

Negara-negara yang terkena dampak badai ini adalah Perancis, Spanyol, Portugal, Jerman, Belgia dan Inggris.

Tidak ada tempat yang aman di manapun di  dunia ini. Waspadalah, karena bencana alam bisa datang kapan saja, dan berlindunglah pada Tuhan karena padaNyalah Anda bisa merasa aman.

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami