Rencana Pembangunan 32 Taman Kuliner Di Bekasi Ditanggapi Pesimis

Nasional / 24 February 2010

Kalangan Sendiri

Rencana Pembangunan 32 Taman Kuliner Di Bekasi Ditanggapi Pesimis

Daniel Official Writer
3060

Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pedagang Kaki Lima Dinas Perekonomian Rakyat, A Djamhur, Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan segera membangun 32 taman kuliner di 12 kecamatan untuk menata para pedagang kaki lima. Rencananya ke- 32 taman kuliner tersebut akan menjadi ikon kota Bekasi karena memiliki potensi untuk mengundang wisatawan domestik ataupun mancanegara. Demikian diungkapkan Djamhur di Bekasi, Kamis (18/2).

Menurut Djamhur, taman kuliner ini diharapkan bisa memenuhi keinginan masyarakat Bekasi yang homogen dan didominasi oleh pendatang, dengan menyediakan beragam jenis makanan khas Bekasi yang dapat dipilih konsumen, seperti sayur pucung, ikan gabus, sayur bandeng, dan pecak bandeng. Ide pembangunan 32 taman kuliner itu, kata Djamhur, datang dari Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang ingin menata PKL guna meraih Adipura. Untuk pembangunannya, menurut dia, Dispera Kota Bekasi akan merangkul pengusaha yang peduli terhadap PKL.

"Rencananya pada pertengahan tahun ini pembangunannya akan dimulai dan masing-masing kelurahan minimal memiliki satu taman kuliner," katanya.

Namun rencana pembangunan taman kuliner ini ditanggapi pesimis oleh sejumlah pedagang, seperti Rini Ruswendi (28), salah satu pedagang di kawasan wisata kuliner Kampung Dua Ratus, Kecamatan Bekasi Timur yang sudah lebih dulu dibangun. Menurut Rini, sebanyak 40 gerobak wisata kuliner Kampung Dua Ratus terkesan luput dari perhatian pemerintah sehingga banyak yang bangkrut dan kini tinggal menyisakan delapan pedagangan saja.

Rencana Pemkot Bekasi ini sangat baik jika disertai dengan pengelolaan yang baik dan promosi yang memadai sehingga para pedagang dan masyarakat diuntungkan dengan keberadaan taman kuliner tersebut.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami