7 Cara Menjadi Orang Yang Selalu On-time

Career / 23 February 2010

Kalangan Sendiri

7 Cara Menjadi Orang Yang Selalu On-time

Puji Astuti Official Writer
5383

Menjadi seseorang yang tepat waktu, akan membantu peningkatan karir Anda. Jika Anda dikenal sebagai "Ms.Late" atau "Mr.Late" maka sudah pasti kepercayaan rekan, pemimpin maupun klien Anda akan berkurang. Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda sering terlambat datang meeting, minimal klien Anda kecewa atau bahkan bisa membuat kesepakatan yang Anda kejar lenyap seketika.

Bagaimana cara agar Anda bisa selalu tepat waktu? Berikut ada 7 tips yang akan membantu Anda:

  • Bersiap sebelum waktunya.

Minimal, 24 jam sebelum Anda meninggal rumah atau kantor Anda, buatlah sebuah daftar segala sesuatu yang perlu dipersiapkan. Pastikan ada bensin di kendaraan Anda. Pergilah ke ATM atau bank untuk mengambil uang cash yang diperlukan. Letakkan tas Anda di tempat yang mudah Anda lihat. Siapkan pakaian yang akan Anda pakai. Buatlah pengingat dalam bentuk catatan kecil pada post it atau sejenisnya. Dengan cara mengorganisir segala sesuatunya, maka Anda akan lebih menghemat waktu dan lebih siap untuk berangkat daripada terburu-buru. Dengan cara ini Anda pun akan tiba di tempat pertemuan atau ke kantor tanpa rasa tertekan atau stres.

  • Buat keluarga Anda siap.

Jika Anda harus mengantar anak Anda ke sekolah sebelum berangkat ke kantor di pagi hari, pastikan bahwa segala yang ia butuhkan juga telah di siapkan di malam harinya. Buku, sepatu, pakaian, tas bahkan makan siang mereka sudah disiapkan. Pastikan mereka bangun tepat waktu dan sarapan pagi.

  • Berangkat awal.

Jika Anda harus ke beberapa tempat dalam satu waktu, pastikan Anda berangkat lebih awal. Perkirakan waktu Anda. Sekalipun ada kemacetan, Anda masih bisa tepat waktu. Sebagai contoh jika untuk mencapai tempat tujuan butuh setengah jam, berangkatlah 45 menit lebih awal atau bahkan lebih.

  • Hindari halangan.

Jika jalan yang akan Anda lalui, Anda tahu sedang ada perbaikan atau pembangunan, carilah jalur alternative. Hindari waktu-waktu sibuk. Baca koran lokal dan dengarkan siaran radio tentang informasi jalan raya sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang diperlukan.

  • Tahu bagaimana caranya sampai kesana.

Jika Anda tidak tahu pasti daerah kemana Anda akan pergi, persiapkan waktu ekstra untuk kesana. Jika memungkinkan, telephone seseorang yang tahu tempat tersebut. Tanyakan secara spesifik, dan tuliskan di secarik kertas. Anda bisa juga menggunakan peta, atau lebih mudahnya gunakan saja mesin pencari di internet. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari tersesat di jalan.

  • Hindari ganguan dalam perjalanan.

Jika sedang di jalan dan mengendarai mobil, jangan mengangkat ponsel Anda. Pastikan, mesin penjawab telephone Anda menyala untuk menyimpan pesan bagi Anda. Kecuali jika Anda menelephone untuk menanyakan arah jalan. Jika tidak, sms maupun telephone masih bisa menunggu hingga Anda sampai di tempat tujuan.

  • Pastikan Anda melihat jam.

Selalu gunakan jam tangan atau miliki jam di ruangan. Dan jika bisa, seting alarm atau timer pada jam atau handphone Anda, sehingga Anda tahu kapan harus sampai dan kapan harus berangkat kembali.

Sumber : Lifeorganizers.com
Halaman :
1

Ikuti Kami