Korupsi Merajalela Di Kemenlu Dan KBRI Luar Negeri

Nasional / 15 February 2010

Kalangan Sendiri

Korupsi Merajalela Di Kemenlu Dan KBRI Luar Negeri

Lestari99 Official Writer
2699

Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengusutan secara tuntas terhadap kasus dugaan korupsi di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan sejumlah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di luar negeri yang semakin marak. Data-data yang dimiliki ICW berkaitan dengan dugaan korupsi pembelian tiket pesawat para diplomat di Kemenlu pada tahun 2009 yang di mark up.

Kasus mark up tiket pesawat para diplomat ini diduga tersebar di beberapa KBRI luar negeri, seperti KBRI Singapura, KBRI Thailand, KBRI China, KBRI Tokyo, dan kasus yang terakhir justru dugaan korupsi atas pembelian tiket pesawat para pejabat Kemenlu. Emerson F Yuntho selaku Wakil Koordinator ICW bahkan menyebutkan khusus untuk KBRI Singapura ada bukti yang jelas atas keterlibatan mantan Sekjen Deplu yang juga pernah menjabat sebagai Dubes RI di AS.

Karena kasus ini dianggap sudah mulai meresahkan, ICW menghimbau pihak KPK untuk membersihkan institusi Kemenlu dan KBRI di luar negeri dari pungli, mark up dan suap. Karena dari beberapa kasus yang terungkap, praktek korupsi tersebut sudah jelas terjadi. KPK diminta untuk tidak lagi menunda proses hukum jika sudah ada fakta perbuatan dari tindak korupsi tersebut.

Sumber : yahoonews
Halaman :
1

Ikuti Kami