Sering Nyeri Sendi? Jalan Kaki 3000 Langkah Saja

Solusi Sehat / 15 February 2010

Kalangan Sendiri

Sering Nyeri Sendi? Jalan Kaki 3000 Langkah Saja

Puji Astuti Official Writer
5204

Anda punya masalah sakit persendian atau arthritis? Sebuah penelitian menemukan dengan berjalan 3000 langkah dalam sehari, selama 3 kali seminggu dapat mengurangi rasa sakit.

Para responden dalam penelitian ini melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik hanya dalam seminggu, dan tingkat rasa sakit mereka turun setengah setelah melakukannya selama enam bulan.

Herannya, ketika mereka berjalan sebanyak lima kali seminggu malah tidak menunjukkan perbedaan yang berarti.

Para ahli menyarankan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat harus berjalanan sekitar 10.000 langkah setiah harinya.

Namun beberapa orang penderita osteoarthritis diliputi kebingungan seberapa banyak mereka harus melakukan olahraga jalan kaki ini.

Dr. Kristian Heesch, dari Universitas Queensland di Australia yang memimpin penelitian ini menyatakan, ""Temuan ini memberikan bukti awal bahwa penderita osteoarthritis dapat memperoleh manfaat dari mengkombinasikan glukosamin sulfat dan berjalan 3.000 langkah per hari untuk latihan, dalam kondisi sakit paling sedikit 1.500 langkah, pada setidaknya tiga hari per minggu."

Suplemen glucosamine sulphate dibuat dari kulit kerang, seringkali di hubungkan dengan penghilang rasa sakit pada penderita arthritis, sekalipun hingga saat ini belum ada bukti yang cukup terpercaya tentang hal ini.

Para sukarelawan penderita osteoarthritis mengkonsumsi suplemen ini selama enam minggu, pada akhir minggu ke enam para penderita melaporkan rasa sakit mereka turun 13 persen. Dalam enam bulan, mereka diminta melakukan olahraga jalan kaki dan minum suplemen. Hasilnya, rasa sakit dan kekakuan pada persendian mereka turun setengah, demikian laporan yang dirilis dalam jurnal Arthritis Research and Therapy.

Olahraga membantu menjaga persendian dan otot-otot tetap kuat dan lentur. Saat ini, dunia yang serba moderen membuat manusia sangat jarang bergerak. Untuk berpergian, kita masuk dan keluar mobil atau mengendarai motor. Di pekerjaan, kebanyakan waktu dihabiskan untuk duduk di depan komputer. Akhirnya banyak orang menderita sakit persendian dan otot.

Nyatanya solusi masalah ini sangat sederhana, berjalan kaki 3000 langkah sehari dan minum suplemen yang tepat. Maka dipastikan, tubuh Anda bugar dan pikiran Anda akan semakin fresh.

Sumber : Telegraph
Halaman :
1

Ikuti Kami