BPOM Temukan Ribuan Makanan Kemasan Tidak Layak Konsumsi

Nasional / 12 February 2010

Kalangan Sendiri

BPOM Temukan Ribuan Makanan Kemasan Tidak Layak Konsumsi

Daniel Official Writer
3701

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan telah menemukan ribuan jenis makanan kemasan tidak layak konsumsi karena tidak memenuhi ketentuan layak edar di pasar. Dari pemeriksaan sejak tanggal 5 hingga 11 Februari 2010 saja, BPOM telah menemukan 3.252 makanan kadaluarsa, 487 makanan impor tanpa izin edar, 251 kemasan makanan rusak, 156 makanan tidak memenuhi ketentuan label dan 94 makanan lokal tanpa izin edar. Demikian diungkapkan oleh Kepala BPOM, Kustantinah di kantor BPOM, Jalan Percetakan Negara 23, Jakarta Pusat, Jumat (12/2).

Namun sayang BPOM belum dapat menyebutkan merk-merk makanan kadaluarsa  yang mereka temukan tersebut. Sedangkan untuk makanan impor tanpa izin edar sebagian besar berasal dari Cina. Makanan tersebut berupa sirup, biskuit dan lainnya. Menurut laporannya, BPOM tidak menemukan kasus susu bermelamin di Indonesia seperti yang terjadi lagi di China baru-naru ini.

BPOM melakukan pemeriksaan ini berkaitan dengan perayaan Imlek untuk mengantisipasi beredarnya makanan kemasan tidak layak konsumsi tersebut. BPOM telah melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap sejumlah makanan kemasan di beberapa kota besar di Indonesia.

Jadi, ada baiknya jika Anda selalu berhati-hati sebelum membeli atau mengkonsumsi makanan kemasan. Jangan terkecoh dengan harga yang murah tetapi perhatikanlah tanggal kadaluarsa dan ijin edar dari BPOM yang tertera di kemasan makanan tersebut. Seandainya Anda menemukan makanan kemasan yang mencurigakan segera hubungi unit layanan pengaduan konsumen BPOM di nomor telepon : (021) 4263333.

Sumber : vivanews.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami