Jangan Bunuh Diri, Situs Khusus Bagi Mereka Yang Berniat Bunuh Diri

Nasional / 26 January 2010

Kalangan Sendiri

Jangan Bunuh Diri, Situs Khusus Bagi Mereka Yang Berniat Bunuh Diri

Lestari99 Official Writer
5792

janganbunuhdiri.net menjadi situs pertama di Indonesia yang memberikan layanan khusus bagi mereka yang berniat untuk bunuh diri. Situs ini lahir dari kerinduan tiga orang psikolog yang sedang menyelesaikan program magister di Universitas Indonesia untuk memberikan dukungan psikologi bagi orang-orang yang merasa ingin bunuh diri. Mereka adalah Posma Simatupang, Tiwin Hermawan dan Harez Sinaga. Kerinduan ini lahir dari terus meningkatnya kasus bunuh diri di Indonesia. Ditambah lagi belum ada pelayanan seperti ini di Indonesia.

Layanan yang diberikan yaitu dengan membuka nomor telepon hotline dan juga chat online bagi mereka yang membutuhkan dukungan psikologis terkait keinginan bunuh diri. Semuanya dilakukan oleh Posma dan kedua koleganya atas biaya mereka sendiri. Menjadi teman dan pendengar yang dapat dipercaya adalah hal yang ingin dikejar oleh Posma dan rekan-rekannya ini. Karena biasanya orang yang melakukan bunuh diri seringkali merasa stres dan bingung dalam menghadapi masalah hidup dan tidak memiliki teman untuk membagi keluhannya.

Besar harapan mereka bahwa orang-orang yang merasa ingin bunuh diri tetapi malu untuk mencari bantuan profesional akan menggunakan fasilitas tersebut. Karena layanan ini tidak menanyakan identitas untuk menjaga kerahasiaan dari mereka yang menggunakan fasilitas ini.

Sampai saat ini belum ada data yang akurat mengenai kasus bunuh diri di Indonesia. Polda Metro Jaya hanya mencatat jumlah kasus bunuh diri yang diketahui di Jakarta pada tahun 2009 sejumlah 102 kasus, demikian juga di tahun 2008. Namun kasus bunuh diri dengan melompat dari gedung yang tinggi meningkat dari dua kasus menjadi tujuh kasus pada tahun 2009.

Masalah dalam kehidupan ini memang terkadang terasa berat untuk dilewati, tapi bukan berarti tidak ada jalan keluarnya. Dan bunuh diri bukan jalan keluar yang pantas untuk dipilih, karena itu sama artinya dengan mengakhiri kehidupan duniawi tapi mengawali kehidupan kekal dalam kebinasaan.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami