Tips Menjaga PIN, Menjaga Rekening Anda Di Bank

Investment / 22 January 2010

Kalangan Sendiri

Tips Menjaga PIN, Menjaga Rekening Anda Di Bank

Daniel Official Writer
2741

Berita pembobolan bank melalui ATM milik konsumen ini mungkin membuat Anda was-was. Namun jika Anda lebih berhati-hati, uang di rekening Anda akan tetap aman karena kasus pembobolan ini sering terjadi karena konsumen teledor dalam menjaga kerahasiaan PIN-nya.

Ada beberapa tips untuk mengamankan PIN Anda dan menjaga uang di rekening Anda. Pada saat Anda menerima pemberitahuan PIN dari bank, yakinkan bahwa kertasnya masih utuh dan belum ada tanda-tanda pernah disobek atau dibuka oleh siapa pun kemudian hafalkan sejenak PIN yang baru Anda terima. Setelah yakin hafal, segera ganti PIN itu dengan PIN sesuai dengan keinginan Anda (hancurkan segera kertas yang berisi PIN dari bank, bila perlu dibakar saja).

Hal yang harus diperhatikan ketika Anda membuat PIN adalah:

1. Pastikan bahwa tidak ada orang di sekitar Anda pada saat membuat PIN baru.

2. Kalau PIN itu harus dalam bentuk "angka", hindari membuat PIN dengan angka-angka yang menggambarkan  tanggal, bulan, dan hari kelahiran, angka yang menyangkut nomor rumah serta RT dan RW tempat Anda tinggal, nomor ponsel Anda atau nomor telepon rumah atau extension di kantor Anda.

3. Angka-angka PIN harus lain-lain, misal Anda diminta membuat 6 angka, jangan sampai ada angka yang sama, gunakan angka 0 sampai 9 secara acak.

4. Jangan pernah memberitahukan PIN Anda kepada siapa pun (termasuk kepada keluarga sendiri).

5. Pada saat Anda bertransaksi, perhatikan bahwa tidak ada orang di kiri, kanan, atau di belakang Anda (bila orang di belakang Anda tampak mengintip apa yang sedang Anda lakukan, jangan ragu untuk menegurnya).

6. Jangan pernah menuliskan PIN Anda di mana pun, hafalkan PIN Anda sendiri.

7. Ganti secara berkala PIN Anda (bila perlu, sebulan sekali).

8. Biasakan untuk mengacak PIN Anda dengan nomor yang bukan PIN Anda(cukup sekali saja) sebelum kartu ATM keluar setelah transaksi sehingga jejak PIN Anda yang sebenarnya jadi terhapus. Tekan "Cancel" agar kartu Anda tidak tertelan karena Anda sengaja membuat PIN yang salah.

Semoga tips sederhana ini membawa manfaat.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami