Daftar 10 Perilaku Buruk Penumpang KA Di Jepang

Nasional / 19 January 2010

Kalangan Sendiri

Daftar 10 Perilaku Buruk Penumpang KA Di Jepang

Daniel Official Writer
4785

Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan kereta api Jepang, Association of Japanese Private Railways mengenai perilaku penumpang kereta api. Hasil survei menyimpulkan bahwa suara adalah masalah besar, dan suara keras percakapan serta musik dari headphone menempati posisi utama dan suara nada dering telepon genggam berada pada posisi keempat.

Selain itu, banyak orang asing yang naik kereta bawah tanah dan kereta cepat di Jepang mengeluh mengenai aksi main dorong dan desak yang dilakukan rombongan orang yang akan naik kereta dan keengganan untuk memberi kursi kepada orang yang lebih tua dan perempuan hamil.

Survei yang melibatkan 4.200 responden tersebut tersebut membuat daftar perilaku buruk yang sering dikeluhkan oleh penumpang kereta api. Ada 10 perilaku buruk yang sangat mengganggu penumpang lain sebagai berikut :

  1. Suara berisik percakapan, yang menyebar ke mana-mana;
  2. Suara musik dari headphone;
  3. Cara penumpang duduk;
  4. Nada dering telefon genggam dan berbicara di telefon;
  5. Mendorong, mendesak ketika naik dan turun dari kereta;
  6. Memakai make-up;
  7. Buang sampah;
  8. Duduk di lantai kereta;
  9. Naik kereta dalam keadaan mabuk;
  10. Naik kereta yang padat penumpang sambil mendorong kereta bayi.

Jika Anda berada di Jepang dan akan naik kereta api, jangan lakukan 10 perilaku tersebut di atas. Sepertinya daftarnya akan bertambah panjang jika survei tersebut dilakukan di Indonesia. PT. KAI harus lebih memperhatikan kenyamanan penumpang kereta api.

Sumber : antaranews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami