Tips Membantu Si Kecil Belajar Tentang Waktu

Investment / 13 January 2010

Kalangan Sendiri

Tips Membantu Si Kecil Belajar Tentang Waktu

Budhi Marpaung Official Writer
2933

Bagi orang tua yang memiliki anak kecil, mengajarkan mengenai sesuatu hal adalah perkara yang cukup sulit. Keingintahuan sang buah hati yang sangat tinggi membuat terkadang kita kebingungan menjelaskannya. Walaupun begitu, proses pengajaran haruslah dilakukan di dalam keluarga agar kelaknya ia menjadi manusia yang bertanggungjawab dan berbudi pekerti luhur di tempat pekerjaan atau perusahaan yang ia bangun/kelola sendiri.

Salah satu yang menjadi daya tarik anak-anak untuk ditanyakan kepada orang tuanya atau adalah tentang waktu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, "Kapan Pak/bu, kita bisa pulang?" atau "Kapan Pak/bu, kita bisa pergi ke rumah nenek/kakek?" adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering kita dengar dalam lingkungan sekitar kita dan biasanya para orang tua akan menjawab dengan kata-kata "Nanti" atau "Sebentar lagi". Jawaban seperti ini sudah dapat ditangkap artinya oleh anak-anak yang berusia 3-5 tahun. Namun, bagaimana agar si kecil dapat belajar mengenai waktu? Berikut tipsnya:

1. Beri Dia Perbandingan. Seorang anak memiliki daya imajinasi yang tinggi. Ketika Anda hendak mengatakan kepada anak Anda bahwa kita akan pergi ke rumah kakek 5 menit lagi, katakan kepada dia/mereka bahwa itu sama dengan satu putaran lagu di kaset kesukaan mereka.

2.  Belajar dari Bacaan. Metode pengajaran dengan bantuan buku bacaan bergambar sangat tepat digunakan kepada anak kecil yang daya tangkap masih kuat dan ketertarikan yang besar terhadap gambar-gambar lucu. Kalimat pertanyaan seperti, "Berapa lama menurut kamu The Pooh akan tidur?" atau "Kapankah matahari bersinar?" akan membuat ia mengerti saat Anda berkata, "Belum waktunya kamu untuk keluar rumah untuk main."

3. Tunjukkan dan Jelaskan. Anak-anak akan mengikuti apa yang dilakukan dari orangtuanya. Ketika Anda melihat tanggal pada kalendar yang tergantung di dinding rumah, ia akan melakukan hal yang sama dengan cara meminta Anda untuk menurunkan kalendar itu agar ia dapat melihatnya. Jangan kaget ketika Anda melihat anak-anak Anda memberikan tanda-tanda pada kalendar karena itu bagus melatih dia menghitung hari-hari yang sudah dilewatinya.

Sumber : tipsanda/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami