Meskipun Baru Konsep, Hydrogen Super Highway Banyak Diminati

Nasional / 10 January 2010

Kalangan Sendiri

Meskipun Baru Konsep, Hydrogen Super Highway Banyak Diminati

Lestari99 Official Writer
2771

Meskipun baru berupa konsep, kereta berbahan bakar hidrogen dari Amerika Serikat begitu diminati oleh banyak pihak termasuk Indonesia. Kereta peluru super cepat memang telah menjadi minat banyak negara dimulai dengan Jepang yang terkenal dengan kereta shinkansen-nya. Taiwan pun membeli tekhnologi Jepang dan kini sudah memiliki Taiwan Shinkansen. Korea Selatan dengan kereta peluru KTX yang tekhnologinya dibeli dari TGV Prancis. Cina membangun kereta peluru dari Beijing ke Tianjing dengan membeli ICE Jerman. Bahkan Vietnam sedang menjajaki pembangunan kereta peluru berbasis Shinkansen. Namun semua negara tersebut berkiblat seputar Prancis, Jerman dan Jepang yang jelas-jelas telah lama memiliki kereta peluru.

Namun Indonesia mengambil langkah yang berbeda. Melalui sebuah konsorsium, Indonesia menggandeng Interstate Traveler dari Detroit, AS, yang mengembangkan kereta berbahan bakar hidrogen. Interstate sendiri bahkan belum membangun satu kereta pun di negara asalnya. Secara gambaran animasi 3D terhitung canggih memang, namun sekali lagi belum ada kereta hidrogen sungguhan yang dibuat oleh Interstate. Kalau Indonesia jadi membangun kereta hidrogen tahun ini atau tahun depan, Indonesia bisa jadi menjadi pemilik kereta hidrogen pertama di dunia.

Di AS sendiri, Hydrogen Super Highway ini ternyata juga diminati oleh Gubernur California Arnold Schwarzeneger dan ingin mengembangkan tekhnologi baru tersebut di California. Sang terminator ini malah memberikan perintah khusus untuk dibangunnya infrastruktur tekhnologi hidrogen ini sebagai penunjang sejak tahun 2004.

Lalu bagaimana akhirnya? Apakah kereta super cepat yang masih berupa konsep ini dapat segera terealisasi? Kita lihat saja nanti.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami