Mengatasi Rasa Sedih Sebagai Seorang Pasangan

Marriage / 9 January 2010

Kalangan Sendiri

Mengatasi Rasa Sedih Sebagai Seorang Pasangan

Puji Astuti Official Writer
4245

Sebagai seorang individu yang melalui masa berkabung, Anda mungkin merasa sebagian hidup Anda hilang; sebagai bagian dari pasangan, Anda harus tahu cara mendukung pasangan Anda sementara berjuang dengan kesedihan Anda sendiri.

Pola kesedihan

Ada pola yang diakui dalam kesedihan. Dimulai dengan kaget dan tidak percaya, bergerak ke masa kerinduan dan kecemasan. Kemudian mengikuti waktu marah dan protes sebelum kesedihan terus bergerak.

Tentu saja, pola ini hanya sebuah generalisasi - intensitas dan panjangnya setiap fase bisa sangat bervariasi dari orang ke orang. Tidak ada benar atau salah dalam cara untuk berduka: bagaimana kita berkabung adalah keunikan setiap pribadi.

Untuk pasangan, perbedaan-perbedaan ini dapat menimbulkan tekanan tambahan. Pada saat ketika Anda sangat membutuhkan untuk berbagi kesedihan dan merasa dekat dengan seseorang, mungkin sulit untuk memahami mengapa pasangan Anda tidak bereaksi dengan cara yang sama seperti Anda.

Beberapa perbedaan ini: beberapa orang secara alami menjadi lebih tertutup dan introspektif, sementara yang lainnya lebih ekspresif dan menjangkau. Perbedaan lebih lanjut dapat merupakan hasil dari pengalaman masa kanak-kanak ketika kehilangan, dan pesan keluarga tentang bagaimana kesedihan harus dikelola.

Setiap kehilangan memberikan tantangan mereka sendiri.

Kehilangan orang tua - hubungan kita dengan orangtua kita adalah unik, dan pasangan dapat berjuang untuk memahami semua yang telah hilang. Karena orang yang telah kehilangan orangtua cenderung berjuang lebih keras, pasangan mereka berada dalam posisi yang lebih kuat untuk memberikan dukungan. Berada di sana untuk mendengarkan dan menyadari setiap hari peringatan yang mungkin menimbulkan kembali perasaan kehilangan dapat membantu.

Keguguran - menginginkan kehamilan yang bertemu dengan sukacita dan harapan tapi, sayangnya, segala sesuatu tidak selalu sesuai rencana. Kesulitan genetik bisa berarti pasangan harus membuat keputusan sulit tentang penguguran, sementara yang lain mengalami keguguran yang bisa dijelaskan. Dalam kehamilan berarti ibu mungkin merasa kehilangan lebih kuat daripada pasangannya; pada gilirannya, pasangan mungkin berjuang untuk memahami kedalaman emosi. Namun, seringkali ayah merasa terombang-ambing dalam proses berkabung, dengan sedikit dukungan atau pengertian tentang kerugian mereka juga mengalami.

Kehilangan bayi - bila bayi lahir mati atau hilang dalam beberapa bulan pertama, ibu mungkin sangat diserap oleh menyalahkan diri sendiri dan mencela dirinya, bertanya-tanya apa yang mungkin telah melakukan kesalahan. Pasangan sering mencoba menawarkan dukungan rasional, tetapi mereka juga harus berjuang dengan pertanyaan yang tak terjawab "Mengapa?"

Kehilangan anak - kebanyakan orang setuju ini adalah yang terbesar dan paling mengejutkan yang bisa kita hadapi. Dengan kedua orangtua berbagi kesedihan yang sama, ini dapat sangat sulit untuk menerima perbedaan dalam proses berkabung. Ini tidak biasa bagi salah satu pasangan berada dalam tahap kemarahan, misalnya, sementara yang lain terjebak dalam kesedihan. Memahami bahwa keduanya merupakan bagian alami dari proses berduka sangat penting. Ini juga umum bagi satu pasangan untuk mengambil peran menghadapi dan bertanggung jawab untuk menahan kehidupan bersama. Ini penting bahwa Anda mendorong satu sama lain untuk berbagi peran seperti itu. Saling membantu.

Meskipun setiap situasi kesedihan dan reaksi individu adalah unik, Anda dapat menemukan panduan berikut berguna untuk hubungan Anda.
* Ingat, Anda berdua berbeda dan tidak ada benar atau salah untuk menghadapi kehilangan.
* Luangkan waktu untuk bersama, baik untuk berbagi perasaan dan berbicara tentang masa depan.
* Bantuan dan dorongan untuk kembali melakukan rutinitas akan sangat membantu
* Ciptakan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama, seperti pergi berjalan-jalan atau menonton film.
* Dorong satu sama lain untuk mengambil waktu untuk sendiri.
* Jangan membuat perubahan besar dalam hidup Anda selama paling sedikit 12 bulan.
* Biarkan diri Anda untuk kecewa atau marah bersama-sama, tanpa merasa bahwa salah satu dari kalian harus mengangkat yang lain.
* Jangan lupa untuk saling memberi banyak kasih sayang fisik.

Bantuan lebih lanjut

Apa pun kehilangan yang Anda alami, pasangan menemukan diri mereka harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Ini sifat kesedihan bahwa orang bisa merasa terisolasi, tapi begitu terjadi pemulihan pasangan sering menemukan mereka merasa lebih dekat daripada sebelumnya.

Namun, jika Anda menemukan hal itu sangat sulit untuk mengelola sebagai pasangan, Anda mungkin memerlukan konseling professional yang dapat membantu Anda untuk menjaga hubungan Anda bersama-sama melalui masa sulit ini. Untuk hal ini, Anda bisa menghubungi call center kami atau melalui layanan konseling chating kami.

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami