Alat Pemindai Seluruh Tubuh Untuk Cegah Terorisme

Nasional / 1 January 2010

Kalangan Sendiri

Alat Pemindai Seluruh Tubuh Untuk Cegah Terorisme

Daniel Official Writer
2416

Karena peristiwa percobaan pemboman pesawat oleh Umar Farouk Abdulmutallab pada tanggal 25 Desember 2009, 19 bandara di Amerika memperlengkapi keamanan bandara dengan alat pemindai seluruh tubuh. Meskipun mendapatkan banyak protes dari para pembela hak privasi, secara kualitas teknologi ini mampu menunjukan benda-benda yang tersembunyi di balik pakaian sehingga bisa mencegah peristiwa tanggal 25 Desember tersebut.

Teknologi pemindai seperti gelombang milimeter dan x-ray hambur-balik sebenarnya bisa memperlihatkan lekuk tubuh dan menyingkapkan benda-benda yang mencurigakan. Mesin seperti ini, bila digunakan, lebih efektif daripada detektor logam yang lazim di bandara. Pihak yang pro mengatakan bahwa ini diperlukan demi mencegah usaha terorisme.

Di pihak lain, mereka yang kontra mengingatkan bahwa teknologi ini bukan solusi sempurna. Penggunaannya harus dikendalikan dengan ketat. Kalau tidak, ada kemungkinan sosok telanjang calon penumpang bisa bocor dan terpampang di internet. Sampai saat ini pemakaian alat tersebut belum mendapat persetujuan dari senat Amerika.

Di awal tahun ini Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) mengumumkan rencana membeli 150 mesin dan memakainya sebagai metode utama pemindaian penumpang pesawat. Alat-alat itu juga bisa dimodifikasi, sehingga semua citranya tak tersimpan. Kristin Lee, juru bicara TSA juga mengatakan bahwa prosedur itu "terserah pada penumpang," sehingga orang yang menolak juga bisa diperiksa dengan cara tradisional, yaitu diraba seluruh tubuhnya. Alat keamanan makin canggih namun jangan sampai mengganggu privasi seseorang.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami