Hari ini Gus Dur Dimakamkan Di Jombang

Nasional / 31 December 2009

Kalangan Sendiri

Hari ini Gus Dur Dimakamkan Di Jombang

Daniel Official Writer
2340

Abdurahman Wahid, Presiden Indonesia ke 4 periode 1999-2001, meninggal dunia kemarin, Rabu malam (30/12) pukul 18.45 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) meminta masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari mulai hari ini untuk menghormati Gus Dur. Hal ini disampaikan Presiden SBY di Istana Negara, kemarin malam.

Hari ini Mantan Presiden Indonesia Abdurahman Wahid akan dimakamkan di Jombang, Jawa Timur dan menurut rencana Presiden Susilo Bambang Yudoyono akan memimpin upacara resmi kenegaraan.

Sebelum dirawat di RSCM Jakarta, Gus Dur sempat menjalani perawatan medis di RS Jombang Jawa Timur pekan lalu karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Gus Dur lahir di Denanyar, Jombang, 4 Agustus 1940, dikenal sebagai seorang intelektual Muslim yang toleran, dan dekat dengan berbagai kalangan non-Muslim dan dilihat sebagai tokoh pluralis Indonesia. Dia telah membawa NU ke cakrawala yang lebih luas, baik di tingkat pemikiran maupun pergaulan, memperkenalkan arti pluralisme. Gus Dur menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir serta Fakultas Sastra, Universitas Baghdad, Irak. Selamat jalan Gus Dur, selamat jalan Guru bangsa !

Sumber : bbc .co.uk. indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami