9 Berita Kesehatan Yang Paling Menarik Di Tahun 2009

Nasional / 29 December 2009

Kalangan Sendiri

9 Berita Kesehatan Yang Paling Menarik Di Tahun 2009

Daniel Official Writer
3648

Sepanjang 2009, terdapat berita-berita menarik seputar dunia kesehatan mulai dari ibu yang melahirkan delapan bayi hingga temuan lemak cokelat yang dinyatakan bisa membakar lemak. Berikut 9 berita kesehatan yang banyak menarik perhatian sepanjang 2009 menurut situs webmd :

1. Octomom. Seorang wanita bernama Nadya Suleman, 33, yang memutuskan untuk mentransfer 6 embrio ke rahimnya saat dia telah mempunyai 6 bayi melalui proses in vitro fertilization (IVF) menjadi kontroversi. Banyak dokter dan bahkan ibunya, Angela Sulaiman, menyatakan keberatan. Tapi Nadia, yang tidak menikah dan tidak bekerja serta hidup dengan orangtuanya ini,  merasa fit dan memilih meneruskan keputusannya. Kisah perempuan asal Kalifornia yang sukses melahirkan 8 bayi, karena 2 embrio (dari 6 embrio yang diimplan) terpisah, ini menjadi bahan perdebatan yang ramai di  2009.

2. Sedikit kemajuan vaksin AIDS. Telah dilakukan percobaan yang melibatkan 16,000 laki-laki dan perempuan Thailand menyimpulkan bahwa sebuah vaksin HIV hanya menunjukkan sedikit kemajuan dalam melindungi dari infeksi virus AIDS.

3. Lemak cokelat untuk menurunkan berat badan. Berita baik untuk Anda yang memiliki bandan gemuk karena Anda akan bisa menurunkan 4.5 kilogram lemak setiap tahun tanpa berolahraga jika lemak cokelat di tubuh Anda diaktifkan. Peneliti terus mencari cara untuk membuat kandungan lemak cokelat di dalam tubuh semakin aktif.

4. Masalah acetaminophen. Berita mengenai acetaminophen, kandungan aktif di dalam tylenol, hangat dibicarakan tahun ini. Berita menyebutkan bahwa 56,000 kasus kunjungan ke ruang gawat darurat setiap tahun dipicu oleh penggunaan acetaminophen berlebih, sehingga badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) menganjurkan pengurangan dosis untuk dewasa. Setiap orang dinyatakan mudah kelebihan acetaminophen karena banyak obat yang dijual di apotek dan obat flu, alergi, sakit kepala dan radang sendi yang diresepkan, mengandung acetaminophen.

5. Kontroversi mammogram. The U.S. Preventive Services Task Force menganjurkan screening rutin mammogram dimulai pada usia 50 untuk perempuan dengan risiko rata-rata. Anjuran ini membantah anjuran sebelumnya yang menyatakan screening dimulai di usia 40. Waktu mulai screening diundur karena kerugian seperti paparan radiasi, salah dignosis, penanganan berlebih dan kerugian psikologi dianggap lebih besar dibandingkan manfaatnya. Perubahan ini mendapat banyak kritikan dari kelompok medis lainnya.

6. Kematian selebritis akibat kanker. Aktris Farrah Fawcet meninggal di usia 62 akibat kanker anal (dubur). Aktris ini terkenal lewat serial TV Charlies's Angels. Kanker pankreas menjadi pemicu meninggalnya aktor Patrick Swayze di usia 57. Senator Ted Kennedy juga meninggal di usia 77 akibat kanker otak.

7. Kematian Michael Jackson akibat propofol. Keracunan propofol akut dinyatakan sebagai penyebab kematian raja pop Michael Jakson. Obat penenang tersebut diresepkan oleh dokter pribadi Michael untuk membantunya tidur. Kematian Michael dituduh sebagai pembunuhan, tetapi tuntutan pidananya belum diajukan.

8. Penarikan produk kacang yang mengandung salmonella. Di awal 2009, penyelidik kesehatan Minnesota menghubungkan infeksi salmonella misterius dengan produk kacang tanah. Setelah itu ditemukan bahwa semua produk, mulai dari es krim hingga makanan anjing, kemungkinan membawa kacang tanah yang telah terkontaminasi salmonella. Hasil hitungan menyebutkan 3,919 produk ditarik dari pasaran, menyebabkan 714 kasus penyakit di 46 negara bagian dan aling tidak menyebabkan 9 kematian.

9. Penyebaran virus flu babi. Berita kesehatan paling top tahun ini dimulai pada 21 April lalu saat Centers for Disease Control  (CDC) menyelidiki rangkaian virus flu baru pada manusia. Virus H1N1 ini dikhawatirkan akan menyebar cepat ke seluruh penjuru dunia.

Sumber : rileks.com
Halaman :
1

Ikuti Kami