1.000 Pejuang Hamas Untuk Membebaskan 1 Tentara Israel

Nasional / 25 December 2009

Kalangan Sendiri

1.000 Pejuang Hamas Untuk Membebaskan 1 Tentara Israel

Daniel Official Writer
3357

Israel kembali melakukan langkah yang mengejutkan, yakni bersedia menukarkan 1.000 tahanan Palestina dengan satu tentara Israel yang sudah tiga tahun ditawan Hamas.  Hal ini disampaikan melalui seorang penengah dari Jerman yang berperan sebagai perantara perundingan dengan Hamas. Dikatakan, jawaban Israel disampaikan dalam perundingan cepat di kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang kemudian diteruskan ke Hamas, Selasa (22/12/2009).

Tentera Israel tersebut bernama Gilad Shalit. Dia ditangkap pada tahun 2006 dan menjadi salah satu alasan bagi Israel menyerang Jalur Gaza, sekalipun gagal. Bahkan Shalit dilaporkan terluka akibat serangan Israel di kota Gaza.

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak juga mengatakan bahwa pembebasan Gilad Shalid telah menjadi prioritas utama dan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar. Shalit akan ditukar dengan sekitar 1.000 tawanan Palestina.

Sampai saat ini kesepakatan di antara keduanya belum bisa diwujudkan karena pejuang Hamas menuntut agar Israel membebaskan tokoh-tokoh senior Hamas yang masih ditahan sedangkan Israel keberatan untuk melepaskan tahanan penting tersebut.

Menurut pejabat Israel dan Palestina, Israel akan membebaskan tahanan secara bertahap. Tahap pertama sekitar 450 tahanan, lalu diikuti sekitar 500 tahanan lagi untuk menggantikan Shalit. Saat ini ada sekitar 8.000 tawanan Palestina di penjara-penjara Israel. Benar apa kata firman Tuhan bahwa 1 tentara Israel akan mengalahkan 1000 orang, 2 tentara akan mampu mengalahkan 10.000 orang.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami