Gara-gara Senyum, Aplikasi Kredit Seorang Pria Ditolak Bank

Nasional / 19 December 2009

Kalangan Sendiri

Gara-gara Senyum, Aplikasi Kredit Seorang Pria Ditolak Bank

Budhi Marpaung Official Writer
2864

Bagi beberapa orang mengurus aplikasi kredit adalah hal yang mudah karena hanya dalam waktu satu jam saja permohonan mereka sudah dapat diterima. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang gagal melakukannya. Seperti yang dialami Vladimiri Kirlov, pria Rusia berusia 34 tahun belum lama ini.

Vladimir mengaku bahwa salah satu bank di negaranya menolak aplikasi kreditnya hanya karena simbol wajah senyum yang dijadikan sebagai tanda tangan di kertas aplikasi. Pria berusia 30-an itu dalam keterangannya kepada wartawan juga  menyatakan bahwa apa yang dilakukannya itu (membuat simbol wajah tersenyum, red) adalah sebuah hal yang biasa dan selama ini tidak ada yang mempersoalkannya.

Ketika hal itu dikonfirmasikan kepada pihak bank yang bersangkutan, juru bicara dari perusahaan jasa itu mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh calon kliennya itu adalah sebuah hal yang mengada-ada. Menurutnya, pihaknya tidak menganggap simbol senyum sebagai tanda tangan sah seseorang.

Pantas saja bank menolak aplikasi pria ini karena salah satu bukti sah seseorang melakukan transaksi dengan pihak lain adalah tanda tangan. Jika hal itu tidak ada maka legalitas hukum dari transaksi yang hendak dilakukan adalah nihil adanya.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami