Virgin Galactic meluncurkan Pesawat Luar Angkasa Komersial Pertama Di Dunia

Nasional / 8 December 2009

Kalangan Sendiri

Virgin Galactic meluncurkan Pesawat Luar Angkasa Komersial Pertama Di Dunia

Daniel Official Writer
3695

Senin,(07/12), Virgin Galactic meluncurkan sebuah pesawat luar angkasa komersial pertama di dunia. Pesawat yang diberinama SpaceShipTwo (SS2) ini dirancang oleh Virgin Galactic, sebuah perusahaan yang didirikan miliarder asal Inggris Sir Richard Branson, yang bermitra dengan desainer penerbangan terkenal Burt Rutan.

"Ini akan menjadi awal dari perjalanan luar angkasa komersial dan Anda yang akan menjadi astronotnya" kata Sir Richard Branson pada saat peresmian SS2 di California' Mojave Desert.  Ia berharap mereka yang ingin terbang keluar angkasa bisa segera menikmatinya pada 2011, setelah serangkaian tes keamanan dengan ketat selesai dilakukan.

Proyek senilai  450 juta dolar AS ini dirancang dapat membawa enam penumpang dan dua pilot. SpaceShipTwo, dibangun dari material komposit ringan dan didukung oleh motor roket hibrida. Bentuknya, mirip dengan prototipe sebelumnya dengan beberapa pengecualian. Yakni, ukurannya dua kali lebih besar, berukuran panjang 60 kaki dengan kabin yang luas. Pesawat ini juga memiliki lebih banyak jendela.

Sebelum lepas landas ke luar angkasa SpaceShipTwo akan diangkut pesawat kembar bernama Eve sampai ketinggian 60.000 kaki atau 18.288 meter.

Pada saat peluncurannya kemarin juga dihadiri oleh Gubernur California, Arnold Schwarzenegger dan Gubernur Mexiko, Bill Richardson. Dan sebagai penghormatan untuk kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat"Enterprise", Space ShipTwo juga diberinama "Virgin Space Ship (VSS) Enterprise".

Tertarik untuk wisata keluar angkasa, mungkin ini adalah pilihan pesawat yang tepat untuk Anda.

Sumber : dailymail.com
Halaman :
1

Ikuti Kami