BMKG Perkirakan Cuaca Ekstrem Di Indonesia Dimulai Hari Ini

BMKG Perkirakan Cuaca Ekstrem Di Indonesia Dimulai Hari Ini

Daniel Official Writer
3437

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan laporan perkiraan cuaca ekstrem di Indonesia yang berlaku mulai hari Jumat (4/12) ini hingga Senin (7/12). Kondisi ini, di antaranya, didukung oleh faktor adanya aktivitas daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera yang memengaruhi kondisi atmosfer di sebagian wilayah Indonesia sebelah utara dan selatan khatulistiwa bagian barat.

Faktor lainnya adalah suhu muka laut yang cukup hangat di wilayah perairan Indonesia sehingga suplai uap air masih cukup banyak untuk wilayah Indonesia. Kondisi tersebut memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan hujan, terutama di wilayah Indonesia bagian barat, utara, dan timur.

Selain itu, aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari dan merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal berpeluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Nanggroe Aceh Darussalam; pesisir barat Sumatera, pesisir timur Sumatera; Sumatera bagian utara, tengah, dan selatan; Jabodetabek; Jawa bagian barat, tengah, dan timur; sebagian besar Kalimantan; Sulawesi bagian utara, tengah, dan selatan; Maluku Utara dan tengah; serta Papua bagian utara, barat, dan tengah.

Sepertinya Anda perlu mewaspadai perubahan cuaca yang akan terjadi, tidak ada salahnya Anda menyediakan payung atau jas hujan hari ini.

Sumber : kompas.com

Ikuti Kami