Esemka, Mobil Nasional Sedang Bersiap Terjun Ke Pasar Indonesia

Nasional / 2 December 2009

Kalangan Sendiri

Esemka, Mobil Nasional Sedang Bersiap Terjun Ke Pasar Indonesia

Daniel Official Writer
3257

Esemka, mobil nasional yang diproduksi oleh anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan, sedang bersiap untuk terjun ke pasar tanah air dalam waktu dekat. Rencananya, pertengahan bulan Juni 2010, mereka akan meluncurkan varian double cabin terbaru yang diberi nama Digdaya 1.5i, yang merupakan pengembangan terakhir yang mereka siapkan untuk pasar mobil tanah air.

Hal tersebut diutarakan langsung konsultan Departemen Pendidikan Nasional Ari Setiawan,  di pameran Indonesian Manufacturing, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu, (2/12/2009)

Esemka Digdaya merupakan mobil penjelajah yang rencananya sudah menggunakan penggerak 4 roda atau 4x4, dengan mengusung mesin 1.500 cc DOHC injection buatan anak-anak SMK 1 Singosari. Mesin tersebut, sanggup memuntahkan tenaga puncak mencapai 76 kw pada 5.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 147 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Sampai saat ini, prototipe mobil tersebut sedang dalam tahap pengujian untuk mendapatkan izin kelayakan jalan dan produksi massal, sehingga bila nanti semuanya sudah siap, bukan tidak mungkin mobil ini bisa menggebrak pasar otomotif tanah air. Esemka tersebut kini tengah dipamerkan di Kemayoran.

Sumber : detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami