7 Langkah Mencapai Financial Freedom

Investment / 30 November 2009

Kalangan Sendiri

7 Langkah Mencapai Financial Freedom

Lestari99 Official Writer
4060

Himpitan ekonomi yang mengganggu stabilitas keuangan pribadi dapat terjadi pada siapa saja. Jangan pernah menyerah, karena semua masalah ada jalan keluar selama Anda mau dan punya niat untuk menyelesaikannya.

Jika Anda sedang berada di tengah himpitan ekonomi ini, ada 7 langkah yang dapat Anda tempuh agar terbebas dari kesulitan itu.

Langkah 1: Catat Semua Sejarah Keuangan Anda

Lihat semua sejarah keuangan Anda. Mulailah untuk mencatat dan merencanakan, dari hutang kartu kredit, pinjaman KTA, kredit rumah, kredit mobil dan lain sebagainya. Catat semua hutang Anda dan urutkan dari yang terbesar sampai yang terkecil nominalnya. Catat juga semua aset yang Anda miliki dari tabungan, deposito, saham dan sebagainya.

Langkah 2: Tentukan Tujuan Jangka Pendek

Tentukan tujuan jangka pendek yang paling memungkinkan bagi kondisi keuangan Anda. Apakah Anda akan melunasi hutang yang paling besar nominalnya? Atau melunasi KTA terlebih dahulu? Atau bahkan berniat menabung 500 ribu sebulan untuk dana darurat? Tentukan semua rencana jangka pendek Anda sepanjang itu sesuai dengan kemampuan Anda serta Anda berkomitmen tinggi untuk menjalankannya.

Langkah 3: Periksa Ulang Anggaran Belanja

Periksa ulang anggaran belanja Anda dengan seksama. Karena bisa jadi banyak item dari anggaran itu sebenarnya hanya berupa keinginan semata dan bukan kebutuhan Anda. Jadi tunda dahulu semua keinginan untuk memiliki Blackberry, audio video dan home theater system, atau mungkin meng-upgrade audio mobil Anda. Fokuskan semua anggaran kepada hal-hal yang penting seperti ongkos bensin, makan pagi, siang dan malam dan lain sebagainya yang memang Anda perlukan untuk menunjang kehidupan. Jika Anda masih ingin ‘berfoya-foya' atau memanjakan diri, sisihkan anggaran tidak lebih dari 1/10 penghasilan Anda untuk hal tersebut.

Langkah 4: Fokus Kepada Anggaran Serta Tujuan Jangka Pendek Yang Telah Ditentukan

Fokus kepada langkah sebelumnya merupakan hal yang sangat penting, karena tanpa komitmen semua perencanaan Anda dapat dipastikan akan gagal total. Lapar mata merupakan godaan yang sangat sulit untuk dihindari, tetapi bukan berati Anda harus selalu menyerah mengikuti ‘kelaparan' itu bukan? Ingatlah, hal yang sulit bukan berarti tidak dapat Anda lakukan selama Anda masih memiliki niat dan keinginan yang kuat untuk melawannya.

Langkah 5: Periksa Ulang Anggaran Serta Tujuan Dari Waktu Ke Waktu

Anda harus terus memperhatikan fluktuasi ekonomi yang terus terjadi dari waktu ke waktu, sehingga ada baiknya jika Anda memeriksa anggaran serta tujuan jangka pendek secara reguler. Bila ada kenaikan, tentu saja Anda harus mengganti anggaran belanja Anda. Tetapi Anda harus tetap mempertahankan anggran belanja yang lebih kecil bila dibandingkan dengan pemasukan Anda sehingga besar pasak daripada tiang tetap dapat dihindari. Karena alih-alih mendapatkan kebebasan dalam keuangan, Anda malah akan semakin terjebak dalam kesulitan ekonomi yang menghimpit.

Langkah 6: Cari Penghasilan Tambahan

Pemulihan memang memakan waktu lama dan cukup memberatkan, namun itulah resiko yang harus ditanggung. Untuk memudahkan jalan menuju kebebasan, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan dengan memanfaatkan waktu luang Anda. Dengan demikian segala bentuk pelunasan hutang atau pun tabungan untuk dana darurat dapat berjalan dengan lebih lancar. Dan kebebasan itu pun pada akhirnya akan Anda peroleh.

Langkah 7: Lakukan Perencanaan Jangka Panjang

Setelah semua tujuan jangka pendek Anda terpenuhi, saatnya bagi Anda meninjau ulang rencana keuangan pribadi Anda. Beberapa hal yang sebaiknya ada dalam perencanaan jangka panjang Anda adalah dana darurat, menabung untuk hari tua, dan selalu ingat untuk menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan Anda. Tidak perlu malu atau minder jika Anda memang tidak mampu untuk membeli barang bermerk yang cukup mahal, daripada memaksakan kehendak untuk memiliki yang justru dapat ‘mencederai' semua rencana keuangan Anda.

Jalan menuju kebebasan keuangan memang tidak mudah. Seringkali Anda akan merasa berat dan lelah selama menjalaninya. Tapi jangan patah semangat, tetap fokus dan yakinlah semua rintangan akan dapat dilalui. Selamat mencoba!!

Sumber : twentea
Halaman :
1

Ikuti Kami