Intel Ingin Tanam Chip Di Otak Manusia

Intel Ingin Tanam Chip Di Otak Manusia

Tammy Official Writer
3353
Kecanggihan teknologi memang diarahkan untuk semakin dekat dengan kehidupan manusia. Bahkan saking dekatnya, jika bisa, manusia itu sendiri yang menjadi teknologi itu sendiri.

Para insinyur di Intel berambisi menanamkan chip ke dalam otak manusia untuk mengendalikan komputer secara langsung melalui pikiran. Dan pada saat ini, chip semacam itu tengah dikembangkan di laboratorium riset Intel di Pittsburgh, AS.

Dengan chip dalam otak manusia, pengoperasian komputer akan semakin efisien karena tak lagi membutuhkan perangkat seperti keyboard dan mouse. Dan dengan chip implan juga bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat-perangkat elektronis, seperti ponsel, TV, dan pemutar DVD lewat pikiran.

Bagaimanakah caranya? Apakah bisa fikiran kita yang tak berbentuk ini diaplikasikan ke perangkat-perangkat elektronik? Jawabannya, cara kerjanya berdasarkan teknologi rangsangan otak yang disebut Functional Magnetic Resonance Imaging (FMRI).

Teorinya, setiap orang yang memikirkan suatu kata atau gambar yang sama akan mengaktifkan bagian otak yang sama pula. Dean Pomerlaeau dan tim dari Intel menggunakan teknologi FMRI untuk memindai otak-otak sukarelawan percobaan untuk menentukan perintah yang universal.

Dean Pemerleau mengatakan bahwa pihaknya saat ini sudah bisa mewujudkan headset yang memanfaatkan gelombang otak untuk melakukan perintah ke komputer. Selanjutnya adalah chip yang bisa ditanam di otak. Perkiraannya, hal tersebut baru bisa diwujudkan minimal sepuluh tahun lagi.

Bagaimana dengan Anda, jika suatu hari teknologi ini terwujud, apakah Anda menginginkan ada suatu benda elektronik ‘tersembunyi' di rongga otak Anda demi efisiensi kehidupan Anda?

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami