Pilih Kartu Debet Atau Kartu Kredit?

Investment / 24 November 2009

Kalangan Sendiri

Pilih Kartu Debet Atau Kartu Kredit?

Daniel Official Writer
3650

Saat ini sangat sulit membayangkan berbelanja tanpa mengunakan kartu. Bahkan Anda memiliki dua pilihan kartu untuk belanja : kartu debit atau kartu kredit. Dua kartu ini sangat popular. Bahan boleh sama-sama dari bahan plastik tapi pertanyaannya adalah lebih baik mana, kartu debit atau kartu kredit ? mana yang lebih banyak memberikan keuntungan?

Kartu Debit

Jika dibandingkan dengan kartu kredit, persyaratan untuk mendapatkan kartu debet jauh lebih mudah. Transaksi menggunakan kartu debet hanya dapat dilakukan jika jumlah uang di rekening tabungan mencukupi, sehingga tidak membuat pemegangnya terjerumus ke dalam utang.

Meskipun tidak sebanyak kartu kredit, beberapa kartu debet juga menawarkan rewards. Kartu debet juga memberikan fasilitas cashback di toko-toko tertentu (Anda membeli barang dan meminta sejumlah uang dari kasir), yang jumlah totalnya langsung dipotong dari rekening tabungan.

Kekurangannya, jika kartu hilang atau dicuri orang, risiko yang ditanggung pemegangnya jauh lebih besar, karena kartu tersebut terkoneksi langsung dengan rekening tabungan. Dibandingkan dengan kartu kredit, jumlah toko yang menerima penggunaan kartu debet juga lebih sedikit.

Selain itu, kartu debet sebaiknya hanya digunakan untuk transaksi yang jumlahnya tidak terlalu besar, misalnya untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari, membeli bahan bakar kendaraan, dan lain-lain.

Kartu kredit

Kartu kredit memungkinkan orang untuk membeli barang pada saat ini, dan membayarnya di kemudian hari. Tidak seperti kartu debet, kartu ini tidak terhubung langsung dengan rekening tabungan di bank.

Transaksi menggunakan kartu kredit lebih murah dibandingkan transaksi menggunakan kartu debet, karena Anda tidak dikenakan biaya tambahan. Kartu kredit juga menawarkan lebih banyak rewards menarik, sesuai jumlah poin yang dikumpulkan.

Secara umum, keamanan kartu kredit lebih terjamin dibandingkan dengan kartu debet, jika menyangkut kasus penipuan atau penyalahgunaan kartu. Selain itu, logo Mastercard dan Visa yang tercantum pada kartu membuatnya dapat digunakan untuk bertransaksi di banyak negara.

Akan tetapi, kartu kredit juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, jika tidak membayar tagihan secara penuh pada tanggal jatuh tempo, Anda tetap akan dikenakan bunga berdasarkan jumlah total tagihan pada bulan itu. Tingkat suku bunga yang dikenakan juga bisa sangat tinggi.

Jika menarik uang tunai menggunakan kartu kredit, Anda akan dikenakan bunga harian, terhitung sejak tanggal penarikan uang, sampai pada saat pembayaran tagihan di akhir bulan. Pemegang kartu kredit juga dikenakan biaya tambahan setiap tahunnya.

Selain itu, jika tidak pandai menahan diri, pemegang kartu kredit mudah terjerat ke dalam lilitan utang.

Intinya jika harus memilih kartu debet atau kartu kredit, sebenarnya kartu kredit adalah pilihan yang lebih baik jika Anda bisa membayar tagihan tepat waktu sehingga Anda tidak dibebani oleh tagihan-tagihan. Tapi perlu diingat, tidak ada salahnya membayar belanjaan Anda dengan uang tunai.

Sumber : mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami