Obama Turun Tangan Serukan Pembebasan Suu Kyi

Obama Turun Tangan Serukan Pembebasan Suu Kyi

Lestari99 Official Writer
2603

Pemerintahan Obama sedang berupaya mengadakan pendekatan baru terhadap negara Birma yang dikuasai militer itu. Bahkan Obama berencana hadir dalam KTT ASEAN yang diadakan di Singapura hari Minggu ini.

Dalam pertemuan tersebut Obama dikatakan akan menyerukan agar pemimpin oposisi Birma Aung San Suu Kyi dibebaskan. Momen ini dikatakan sebagai momen pertama di mana Presiden Amerika menghadiri KTT ASEAN. Hal ini berarti akan terjadi kontak tingkat tertinggi antara Amerika dan Birma dalam puluhan tahun ini.

Sebelumnya pada awal bulan ini para diplomat Amerika telah bertemu dengan Aung San Suu Kyi. Pertemuan ini terjadi beberapa jam setelah Kurt Campbell, diplomat tinggi untuk Asia Timur dan wakilnya Scott Marceil, mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Thein Sein di ibukota administrasi Birma, Naypyidaw.

Terlaksananya pertemuan ini membuat Suu Kyi memberikan ucapan terima kasih yang sangat mendalam kepada pemerintah militer Birma karena telah mengizinkannya untuk bertemu dengan para pejabat Amerika. Aung San Suu Kyi sangat jarang berkomentar positif tentang pemerintahan militer yang telah menahannya selama 14 tahun terakhir ini.

Suu Kyi dikatakan puas dengan hasil dari pertemuan terbut dan menyatakan keinginannya untuk bekerjasama dengan pejabat Amerika itu untuk membawa reformasi demokratis ke Birma.

Sumber : voanews
Halaman :
1

Ikuti Kami