Jakarta: Good Role Model Jika Sukses Tekan Polusi

Nasional / 11 November 2009

Kalangan Sendiri

Jakarta: Good Role Model Jika Sukses Tekan Polusi

Tammy Official Writer
2484
Kondisi polusi di Jakarta sudah dalam tahap memprihatinkan. Rasanya jika Anda sedang berada di jalan, sudah tak ada lagi ruang untuk bernafas. Apalagi Jakarta baru-baru ini mendapat predikat memprihatinkan yakni sebagai kota ke-3 terburuk di dunia dalam hal polusi.

Untung saja ada gerakan positif dari gabungan negara C-40 yang akan membantu Pemprov DKI dalam pembiayaan penurunan kadar CO2. "Ini inisiatif dari negara-negara yang peduli lingkungan untuk memberikan penghargaan (reward) bagi mereka yang bisa menekan polusi karbon," ujar Gubernur Fauzi Bowo. Selain Jakarta, ada beberapa kota lainnya dari delapan Negara yang juga mendapat bantuan serupa, Sao Paolo, Cape Town, Tshwane, Johannesburg, Dar Es Salam, Surat, Delhi, dan Quezon City.

Executive Director Economic, Ecology, Social Responsibily (ECOS) C-40 Daniel Wiener, mengatakan bahwa Jakarta akan menjadi contoh bagi negara-negara berkembang lainnya dalam penurunan karbondioksida terkait dengan perubahan iklim global yang disebabkan oleh polusi.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami