3 Kejahatan Yang Dapat Menggagalkan Keuangan Anda

Investment / 9 November 2009

Kalangan Sendiri

3 Kejahatan Yang Dapat Menggagalkan Keuangan Anda

Lestari99 Official Writer
3424

Tidak ada seorang pun yang ingin gagal dalam hal keuangan. Semua orang memimpikan untuk menjadi orang sukses dengan materi yang lebih dari cukup untuk memenuhi segala kebutuhannya. Namun seperti apa yang selalu dikatakan oleh para ahli keuangan, yang menjadi persoalan bukanlah berapa besar penghasilan Anda namun bagaimana Anda mengelola pengeluaran Anda.

Berangkat dari hal ini, sekarang pikirkan pengeluaran apa yang sebenarnya dapat menggagalkan keuangan Anda sendiri. Pengeluaran sejenis ini bahkan bisa disebut tiga kejahatan favorit yang sering Anda lakukan dalam mengelola keuangan Anda. Tiga kejahatan tersebut adalah alkohol, rokok dan kopi.

Setiap orang menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan gizi dari anak-anak mereka, tapi berapa banyak dari kita yang mengorbankan hal itu untuk memenuhi kebutuhan salah satu atau lebih dari tiga kejahatan itu?

Anda bukan saja rela untuk membayarnya secara eceran dengan anggapan harganya yang masih cukup terjangkau, namun sebenarnya Anda telah memasukkannya ke dalam biaya hidup Anda tanpa berpikir panjang, seolah-olah alkohol, rokok dan kopi adalah kebutuhan primer yang tak dapat ditunda seperti halnya makan.

Padahal masing-masing barang tersebut menimbulkan efek samping dan kecanduan yang justru dapat memicu hipertensi, kanker paru-paru, gangguan tidur, serangan jantung, dan lain-lain. Tapi lihatlah apa yang Anda lakukan dengan hal itu. Saat bangun tidur secangkir kopi dan sebatang rokok sudah menjadi sarapan rutin Anda.

Sekarang mari kita lihat bagaimana pengeluaran Anda atas barang-barang ini. Katakanlah dalam sehari bagi orang yang menghabiskan tiga bungkus rokok dengan harga satu bungkus rokok sebesar Rp10.000,- maka dalam sebulan ia akan meghabiskan Rp900.000,- hanya untuk memenuhi kebutuhannya akan rokok.

Tambahkan pengeluaran itu dengan kopi dan alkohol yang dikonsumsinya. Asumsikan saja dengan sehari mengkonsumsi tiga cankir kopi dengan harga eceran kopi Rp1.000,- / sachet, maka dalam sebulan orang tersebut akan mengeluarkan biaya Rp90.000,-. Ini baru untuk hitungan kopi sachetan yang murah dan praktis. Lalu bagaimana bagi mereka yang sangat menikmati nongkrong di starbucks setiap hari dengan harga kopinya yang mencapai puluhan ribu rupiah?

Jika Anda seorang perokok, peminum kopi atau pun alkohol, jangan pernah mengeluhkan penghasilan Anda yang sepertinya tidak pernah cukup. Anda perlu berpikir ulang untuk menyingkirkan tiga kejahatan keuangan dari kehidupan Anda terlebih dahulu.

Sumber : jawaban.com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami