Psikiater Militer Menembak 12 Orang Hingga Tewas

Nasional / 6 November 2009

Kalangan Sendiri

Psikiater Militer Menembak 12 Orang Hingga Tewas

Lestari99 Official Writer
2579

Pangkalan militer Fort Hood di Texas dikejutkan dengan sebuah kejadian yang sangat mengenaskan. Seorang mayor yang bernama Nidal Malik Hasan dan notabene sebagai seorang psikiater militer di pangkalan itu telah melakukan penembakan beruntun menewaskan 12 orang dan melukai 30 orang lainnya.  Salah seorang yang meninggal adalah polisi sedangkan lainnya tentara. Sampai saat ini motif penembakan belum diketahui.

Mayor Hasan dilaporkan adalah seorang psikiater militer berusia akhir 30-an atau awal 40-an dan akan dikirim dalam sebuah misi ke Irak. Ia melakukan penembakan di pusat personalia dan kesehatan ketika para tentara sedang dipersiapkan untuk melakukan pemeriksaan akhir kesehatan. Penembakan terjadi pada pukul 13.30 waktu setempat. Mayor Hasan sendiri dilumpuhkan dengan tembakan namun tembakan tersebut tdak membahayakan nyawanya.

Presiden Barack Obama menggambarkannya sebagai ‘tindakan kekerasan yang mengerikan'. Presiden Obama mengatakan Gedung Putih bekerjasama dengan Pentagon, FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri untuk menjamin pangkalan Fort Hood dalam keadaan aman.

Fort Hood, pangkalan yang berada dekat kota Killeen adalah pangkalan terbesar Amerika di dunia. Pangkalan ini menampung 40.000 tentara, antara Austin dan Waco sekitar 100 kilometer dari kedua kota. Dalam waktu dekat sebagian pasukannya akan dikirim ke Irak dan Afghanistan menggantikan para pasukan yang akan dipulangkan ke pangkalan. Pangkalan ini memang telah menjadi pusat militer untuk menangani stres akibat perang.

Perang bisa menbuat orang gila? Mungkin seperti inilah buktinya. Walaupun sebenarnya ia belum berada di medan peperangan yang sesungguhnya.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami