Membuat Pendengar Terkesan? Begini Caranya!

Investment / 6 November 2009

Kalangan Sendiri

Membuat Pendengar Terkesan? Begini Caranya!

Lestari99 Official Writer
3875

Akan ada suatu waktu di dalam hidup Anda ketika Anda harus berbicara di depan umum. Tak heran jika saat ini buku-buku mengenai tips bagaimana berbicara di depan umum laku terjual. Aturan untuk berbicara di depan umum sebenarnya sederhana. Pikatlah para pendengar Anda dengan memiliki informasi terlebih dahulu mengenai latar belakang dan harapan dari para pendengar Anda sebelum Anda mulai berbicara. Itulah tips paling penting yang harus Anda latih sebelum Anda melakukan hal lainnya.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi untuk berbicara di depan umum yang dapat membantu siapapun menjadi seorang pembicara yang efektif:

1. Membuat kesalahan kecil bukanlah masalah, sepanjang Anda dapat belajar dari hal itu dan tidak mengulanginya kembali. Namun, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin dan menghindari kejadian yang memalukan.

Anda hanyalah manusia biasa dan Anda dapat pulih dari kesalahan yang telah Anda perbuat. Selalu bercermin dari setiap kesalahan justru  akan membuat kepribadian Anda sebagai seorang pembicara dapat lebih dipercaya.

2. Keluarkan rasa humor Anda. Anda dapat menceritakan sebuah lelucon jika topiknya memungkinkan Anda untuk melakukan hal itu; tetapi jika Anda tidak pandai untuk menceritakan lelucon, jangan lakukan, karena tidak ada yang dapat memperburuk bencana selain dengan berbicara memakai kalimat yang buruk.

3. Miliki master dari seni bercerita. Bagikan cerita berdasarkan pengalaman pribadi Anda sehingga membawa sebuah kehidupan nyata dalam materi yang Anda sampaikan. Cerita yang Anda sampaikan akan membuat Anda menjadi seorang manusia yang real, dan gambaran secara animasi dapat memberikan warna dalam cerita tersebut.

4. Gunakan tekhnologi untuk mempertahankan momentum Anda sebagai seorang pembicara dan bukan sebaliknya. Gunakan slide dan power point, dan jika Anda menggunakan salah satu untuk presentasi, gunakanlah visual grafis bukannya kalimat yang panjang-panjang. Berbicaralah kepada khalayak yang hadir dan bukan kepada lembaran presentasi Anda.

5. Fokus akan membawa pikiran positif dalam kata-kata Anda dan bukan hanya sekedar penampilan Anda sebagai seorang pembicara. Menikmati apa yang Anda sampaikan akan membantu Anda untuk menyampaikan pesannya dengan menarik.

Anda akan menikmati momen ketika Anda harus berbicara di depan umum jika Anda selalu melatih tips bagaimana berbicara secara efektif di depan umum.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami