PM Inggris Hutang Besar Pada West Wing Writers

Nasional / 5 November 2009

Kalangan Sendiri

PM Inggris Hutang Besar Pada West Wing Writers

Tammy Official Writer
2724
Melihat berkarismanya seorang politikus internasional berpidato di podium terkadang tak hanya pembawaan berpidatonya yang begitu luar biasa yang membuat orang terkesima, tetapi juga isi dari pidato yang membawa pesan bermakna.

Tetapi tentu tak semua mereka para pemimpin dunia itu menulis sendiri pidatonya, entah mungkin karena waktu yang sibuk atau juga karena kurang percaya diri dengan materi pidato yang ia persiapkan sendiri.

Contohnya PM Inggris, Gordon Brown yang kurang percaya diri jika harus berbicara di depan khalayak AS. Untuk menyiasatinya, dia memakai jasa West Wing Writers (WWW) guna memperbaiki pidatonya. Sejak 2006, Brown diyakini sudah menghabiskan lebih dari 40.000 USD (sekitar 400 juta) untuk membayar WWW. Tetapi anggaran tersebut menggunakan anggaran kantor perdana menteri bukan dana pribadi Gordon.

Brown merupakan contoh langka politikus Inggris yang menggunakan jasa penulis pidato dari AS. PM-PM Inggris sebelumnya lebih sering menggunakan jasa penulis dalam negeri. Tony Blair misalnya pernah menggunakan jasa Philip Collins yang hasil kolaborasi mereka melahirkan beberapa pidato terkenal.

Selain Brown, pihak yang sering menggunakan bantuan West Wing Writers adalah kerajaan Yordania termasuk Ratu Rania serta Menlu Norwegia. WWW merupakan asosiasi penulis Gedung Putih yang berisi staf yang pernah membantu Bill Clinton, Joe Biden, serta beberapa tokoh Demokrat lainnya.
Seorang anggota WWW sendiri mengatakan, ""Jika, kami membeberkan siapa saja yang pernah memakai jasa kami maka Anda semua pasti mengenalnya,tapi kami tidak ingin melakukan itu. Mereka datang ke kami karena satu kesamaan, yakni kurang rasa percaya diri."

Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami