Membeli Rumah Juga Perlu Persiapan

Investment / 5 November 2009

Kalangan Sendiri

Membeli Rumah Juga Perlu Persiapan

Tammy Official Writer
2579
Memiliki rumah pribadi adalah impian kebanyakan orang. Tetapi tak ada jawaban yang pasti untuk mengetahui kapan waktu yang tepat bagi seseorang untuk membeli rumah. Sejumlah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Anda mungkin pertanda bahwa sudah saatnya bagi Anda untuk membeli rumah. Misalkan, rencana menikah.

Tetaplah ingat bahwa membeli rumah, baik bagi yang baru pertama kali ataupun yang sudah beberapa kali, selalu merupakan suatu keputusan penting yang perlu pemikiran panjang. Pastinya, ketika Anda sudah memutuskan akan membeli rumah, maka selalu ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti kondisi ekonomi, kecenderungan naik turunnya harga rumah, bunga kredit bank dan yang terpenting kondisi keuangan Anda. Sudah cukup amankah penghasilan Anda ketika Anda akan membeli rumah? Berapa jumlah tabungan Anda saat ini? Berapa jumlah pengeluaran rutin Anda? Dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah persiapan apa yang harus Anda lakukan bila Anda memutuskan untuk membeli rumah:

1. Putuskan rumah seperti apa yang Anda inginkan dan cobalah mencarinya
Ada baiknya bila Anda terlebih dahulu mengambil kertas dan menuliskan apa yang menjadi kebutuhan Anda yang bisa dipenuhi dalam rumah itu. Seperti berapa banyak jumlah kamar yang Anda inginkan? Sebesar apa halamannya? Haruskah rumah itu memiliki garasi? Seperti apa kondisi atap yang Anda inginkan? Dan lain-lain.

Setelah menuliskannya, waktunya bagi Anda untuk mulai mencari rumah yang memenuhi atau setidaknya mendekati keinginan Anda. Ada baiknya juga bila Anda datang ke berbagai pameran rumah karena disana Anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi rumah dari pada sales yang siap membantu Anda. Apalagi umumnya di pameran biasanya juga ditawarkan potongan harga yang cukup besar.

Tentu saja Anda tak sebaiknya tak langsung percaya pada gambaran kondisi rumah yang tertera pada brosur penjualan atau maket di pameran karena dalam prakteknya seringkali kenyataannya berbeda dengan apa yang ada di lapangan.

2. Cari tahu harganya dan biaya yang harus Anda bayar untuk bisa membelinya
Anda sudah tahu rumah mana yang Anda inginkan. Jangan terkaget jika harga dari rumah tersebut bisa dibilang mahal, karena rumah sebenarnya adalah salah satu pembelian terbesar yang mungkin pernah Anda lakukan dalam hidup Anda.

Selain itu terkadang ada biaya-biaya lain yang harus Anda bayar. Misalkan seperti biaya pemesanan (booking fee, red), akta jual-beli, sertifikat biaya balik nama, biaya jasa notaris, dan sebagainya. Jadi tak hanya harga rumah yang akan harus Anda bayar, tetapi ada biaya-biaya lain yang juga harus Anda antisipasi.

3. Hitung berapa jumlah dana yang Anda miliki
Sekarang, cobalah hitung berapa jumlah dana yang Anda miliki pada saat ini. Dana tersebut bisa berasal dari tabungan, deposito, atau dari koleksi investasi Anda yang lain.

Persiapan Sebelum Membeli Rumah4. Putuskan apakah Anda akan membeli secara tunai atau kredit
Jika Anda bisa membeli rumah yang Anda inginkan secara tunai, maka bagus. Anda bisa langsung membeli rumah tersebut dan persoalan pun selesai. Tetapi bagaimana bila Anda tak memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah tersebut secara tunai? Jelas Anda harus ambil kredit.

Bank biasanya memiliki produk kredit yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli rumah. Nama produk ini adalah KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Untuk bisa mengambil KPR, maka bank biasanya tak akan membayari rumah Anda 100%. Mereka hanya akan membayari rumah Anda sekitar 70% dari harga rumah, sisanya yang 30% harus Anda bayar sendiri dari kantong Anda.

5. Siapkan dana pembelian
Baiklah, maka Anda pun harus membayar uang muka yang 30% tersebut. Tetapi ternyata boro-boro bisa bayar yang 30%, wong untuk bayar 10% saja ternyata uang yang Anda miliki tidaklah cukup.

Sumber : perencanakeuangan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami