Anak Populer Tumbuh Menjadi Pribadi Yang Sehat

Parenting / 24 October 2009

Kalangan Sendiri

Anak Populer Tumbuh Menjadi Pribadi Yang Sehat

Lestari99 Official Writer
2278

Anak-anak yang populer di sekolahnya tidak hanya memiliki teman yang lebih banyak dan dihormati oleh teman-temannya, tapi juga mereka bertumbuh menjadi orang dewasa yang lebih sehat, berdasarkan sebuah studi di Swedia selama 50 tahun.

Anak-anak dengan teman yang lebih sedikit dan status sosial yang lebih rendah di antara teman-temannya memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari dan beresiko tinggi untuk melakukan bunuh diri dan mengalami ketergantungan akan narkoba dan alkohol.

Studi yang dilakukan oleh Stockholm University dan Karolinska Institute melacak lebih dari 14.000 anak-anak yang lahir di Swedia pada tahun 1953 dan melihat pada tahun 2003 apakah status masa kanak-kanak di sekolah memiliki hubungan dengan morbiditas penyakit khusus dewasa.

\"\""Pemaparan akan harapan dan akses kepada para anak-anak ini yang menyertai posisi status yang diberikan oleh teman-temannya memiliki dampak jangka panjang terhadap identitas anak-anak, perilaku dan ambisi mereka, serta pilihan-pilihan yang diambil sepanjang hidup mereka," ujar peneliti.

"Pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi perkembangan kesehatan dalam kehidupan mereka secara keseluruhan," tambah para peneliti dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat.

Studi ini dilakukan terhadap anak-anak yang masih duduk d tingkat 6 dan berusia sekitar 13 tahun untuk tingkat popularitas, kekuasaan dan status sosial mereka.

Terlepas dari apakah buah hati Anda populer di sekolahnya atau tidak, namun kepercayaan diri sang buah hati memang harus dipupuk sedini mungkin agar mereka menjadi orang-orang yang dapat melihat kehidupan dengan cara yang lebih positif.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami